Aiptu Ngadiman Sosialisasikan Cara Pukul Kentongan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:21

Bhabinkamtibmas Desa Triwidadi Aiptu Ngadiman menghadiri pertemuan warga sekaligus memberikan sosialisasi cara memukul kentongan sebagai alarm tanda bahaya kepada warga Dusun Plambongan RT 02 Triwidadi, Pajangan, Bantul, Sabtu, 25 Februari 2017 pukul 20.00 Wib.

Materi yang disosialisasikan oleh Aiptu Ngadiman adalah tanda-tanda bunyi kentongan sesuai dengan Instruksi Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta No 5/Inst/1980 tanggal 6 Juli 1980.

Dihadapan warga Aiptu Ngadiman mempraktekkan cara memukul kentongan, dari saat situasi aman, waspada terhadap bencana alam/kejahatan, ketika terjadi tindak pidana pencurian, perampokan, bencana alam, hingga apabila ada orang meninggal dunia.

“Kentongan adalah warisan dari leluhur kita yang perlu kita jaga. Selain adanya teknologi modern, kentongan masih sangat efektif untuk memberikan kabar atau tanda bahaya kepada warga masyarakat terlebih kepada Mbah-mbah kita,” ujarnya.

Selain mempraktekkan cara memukul kentongan, Aiptu Ngadiman juga memberikan himbauan kepada warga untuk menggalakkan kembali kegiatan Siskamling. Menurutnya, kesadaran dari warga masyarakat sangat diharapkan untuk menjaga lingkungannya karena Siskamling menjadi salah satu faktor penting keamanan dan ketertiban masyarakat.

Terakhir Ia berpesan agar para orang tua untuk memberikan pengawasan dan perlindungan kepada anaknya, jangan sampai anak cucu kita terlibat kenakalan remaja. “Apabila ada permasalahan segera sampaikan ke RT, Dukuh, atau polisi agar cepat dicarikan solusinya," pungkasnya. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:21

0 komentar:

CB