Hari Kedua Pemeriksaan IVA Di Polsek Sanden

Posted by Humas Polresbantuldiy on 18:06

Pemeriksaan dini kanker leher rahim secara gratis buat masyarakat pada hari kedua di Polsek Sanden berlangsung hari Jum'at, 24 Februari 2017 mukai jam 08.00 Wib. Kegiatan tersebut merupakan program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan bekerjasama dengan Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta, Kecamatan serta kader TP PKK Kecamatan dan kader TP PKK Desa se-Sanden.

Dihari kedua pemeriksaan, Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito menerjunkan 5 orang dokter spesialis obgin, 5 orang residen, 14 koas dibantu dr. Nyoman Tritia, SpOG dari RSUD Panembahan Senopati Bantul, Yayasan Kanker Indonesia Cabang Yogyakarta, serta Urkes Polres Bantul.

Masyarakat Sanden sangat antusias mengikuti program terobosan Polsek Sanden melaksanakan pemeriksaan dini kanker leher rahim. Sejak pagi, terpantau dari Sihumas Polsek Sanden, masyarakat sudah banyak yang berdatangan guna mengikuti pemeriksaan gratis. Sesuai jadwal pemeriksaan hari kedua untuk masyarakat Desa Srigading dan Gadingharjo, namun warga desa lain yang kemarin belum sempat melakukan pemeriksaan masih tetap dilayani hari ini.

Dwi Astuti, SIP dari Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito yang setiap hari mengikuti pendampingan pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA tersebut menjelaskan, hari ini warga yang melakukan pemeriksaan ada 155 orang dan yang positif terindikasi abnormal ada 22 orang. Untuk hari pertama dari 132 orang yang melakukan pemeriksaan ada 19 orang yang terindikasi positif abnormal. Dari total 287 orang yang melaksanakan pemeriksaan, yang terindikasi positif abnormal ada 41 orang.

"Yang terindikasi abnormal, mereka dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito guna penanganan lebih lanjut", ujar Dwi Astuti, SIP.

Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana selaku ketua panitia penyelenggara program terobosan pemeriksaan dini kanker leher rahim mengatakan, kegiatan ini benar-benar sangat bermanfaat bagi masyarakat dan berjalan dengan sukses.

"Masyarakat sangat antusias mengikuti program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan ini, dari target 300 orang peserta yang mengikuti pemeriksaan ada 287 orang atau 96%", kata Iptu Tri Haryana.

"Program pemeriksaan dini kanker leher rahim gratis buat masyarakat akan kami laksanakan kembali tahap kedua pada bulan Juni 2017 mendatang", tambah Iptu Tri Haryana.

Iptu Tri Haryana mengucapkan banyak terimaksih kepada Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito, YKI Cabang Yogyakarta, Muspika Sanden, RSUD Panembahan Senopati Bantul, Puskesmas Sanden, Lurah Desa se-Sanden, kader TP PKK Kecamatan Sanden, kader TP PKK Desa se-Sanden, anggota Polsek Sanden serta semua pihak yang turut membantu suksesnya pelaksanaan bhakti sosial program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan melaksanakan pemeriksaan IVA. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 18:06

0 komentar:

CB