Launching Desa Ngringinan Palbapang Bantul Sebagai Destinasi Desa Wisata

Posted by Humas Polresbantuldiy on 17:56

Kapolsek Bantul Kompol Paimun SH menghadiri acara launching Desa Ngringinan Palbapang yang sarat potensi seperti potensi budaya, kesenian, UMKM dan yang lain oleh Bupati Bantul Drs. H. Suharsono bertempat di Rumah seorang tokoh masyarakat Dusun Ngringinan Palbapang, Kecamatan Bantul, Rabu, (22/2).

Dalam laporan panitia yang disampaikan Lurah Palbapang Sukirman, SH bahwa dengan visi dan misi Kabupaten Bantul "Makaryo Bangun Desa" kami berupaya menggugah para tokoh masyarakat untuk menggali potensi desa yang kaya dengan unsur budaya, kesenian, ketrampilan, kekayaan alam sebagai destinasi desa wisata yang dapat menarik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara.

"Ini sesuai misi dan visi desa kami yaitu Maju Bersama, Rakyat Sejahtera yang salah satunya kami wujudkan dalam kemasan desa wisata Ngringinan ini yang menjadi destinasi wisata Kabupaten Bantul ," terang Sukirman.

Sementara dalam sambutan Bupati Bantul diantaranya menyampaikan bahwa dirinya sangat mendukung Desa Ngringinan Palbapang ini sebagai Rintisan Desa Wisata yang semakain memperkaya desa wisata yang ada di Kabupaten Bantul. "Kegiatan ini sudah menjadi cita-cita saya sejak awal menjadi Buapati Bantul yaitu ingin mengedepankan bidang kesenian, kebudayaan dan pariwisata. Untuk itu kami pisahkan bidang budaya dan pariwisata menjadi dinas yang terpisah agar dalam mengelolaannya dapat lebih maksimal," jelas Pak Suharsono.

Untuk memajukan kebudayaan, pariwisata dan segala yang mendukungnya, tambah Bupati, memerlukan biaya tidak sedikit, yang saat ini khusus di DIY dikucurkan Dana Keistimewaan (Danais) dari pusat. Tahun 2016 Bantul menerima Rp. 4,5 miliar dan untuk tahun ini saya usulkan kepada Gubernur DIY, agar menambah besaran danais untuk Kabupaten Bantul. Makanya Tahun 2017 Bantul mendapat danais sebesar Rp. 41 miliar.

Paparan Desa Wisata Ngringinan disampaikan oleh Windu Hadi Guntoro salah satu tim Desa Wisata Ngiringan Palbapang. Dia menyampaikan bahwa yang menjadi unggulan desa wisata Ngrimginan ini diantaranmya kekayaan bangunan peninggalan Belanda yang pada saat ini terkumpul di rumah museum, home industry, kerajinan, wisata alam, wisata budaya, kekayaan kesenian, hoe stay, cagar budaya dan wisata religi.

"Di bidang kebudyaan salah satunya kami mempunyai beberapa bangunan peninggalan Belanda diantaranya Pabrik Gula Barongan, Stasiun KA Palbapang, Geraja Ganjuran, Bangunan Sekolah Rakyat, Sumur Tua Palbapang dan Tower Listrik tua," ungkap Windu.

Pada acara launching tersebut Bupati Bantul juga menandatangani prasati sebagai bukti dari peluncuran Desa Wisata Ngringinan Palbapang sebagai salah satu destinasi wisata di Bantul.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Bantul melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 17:56

0 komentar:

CB