Muscab FKKB Kec. Pajangan Tahun 2017

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:00

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri pertemuan Muscam FKKB (Forum Komunikasi Kethoprak Bantul) di pendopo Kec. Pajangan, Jumat (24/2/2017) jam 20.00 Wib.

Hadir Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Kasikemas Kec. Pajangan Ibu Riana Budiati, S.E., Kasubag Program, Keuangan Dan Aset Setcam Pajangan RM. Rosdian Johari Suyono, Koramil 18/Pajangan Peltu Yohanes A. Rasul, Ketua FKKB Kec. Pajangan Sumidi Hadi Prayogo, FKKB Kab. Bantul Sudarmanto dan Purwantono, pelaku Kesenian Kethoprak Kec. Pajangan sejumlah 35 orang.

Dalam sambutanya Camat Pajangan menyampaikan Pemerintah Kecamatan Pajangan mengucapan terima kasih kepada para pelaku seni Budaya yang masih memelihara kesenian ini sehingga dapat menjaga dan melestarikan salah satu kesenian dan kebudayaan DIY yaitu Kethoprak. Kesenian ini sudah dipandang aneh oleh generasi muda. Oleh karena itu kita harus melestarikan seni Budaya ini untuk membendung pengaruh kebudayaan asing yang masuk.

Kethoprak harus menjadi pilihan utama hiburan di masyarakat Pajangan untuk meredam orgen tunggal, tambahnya.

Pertemuan ini diisi dengan laporan pertanggung jawabkan FKKB Kec. Pajangan periode 2012-2017 disampaikan oleh Ketua FKKB Kec. Pajangan Sumidi Hadi Prayogo. Dana menggunakan Dana Keistimewaan. Tiap 1 tahun akan dipentaskan untuk lomba. Biaya dan anggaran sudah ditentukan dan diplot oleh panitia kegiatan dan sudah dijelaskan kepada para anggota FKKB Kec. Pajangan.

Acara dilanjutkan dengan penyegaran pengurus FKKB Kec. Pajangan untuk memilih Ketua dan pengurus FKKB Kec. Pajangan masa bakti tahun 2017-2021.

Sambutan Ketua FKKB Kab. Bantul Bpk. Slamet H.S. yang disampaikan Bpk. Sudarmanto menjelaskan, FKKB Kab. Bantul berdiri pada 6 November 2004. Musda FKKB Kab. Bantul.tahun 2017 ini adalah yang ke V. Fungsi FKKB adalah untuk menjembatani pelaku kesenian Kethoprak di Bantul dengan Pemerintah. FKKB Kab. Bantul sudah berbadan Hukum setelah 12 tahun berjuang.

Purwantono FKKB Bantul menambahkan kepengurusan FKKB Kab. Bantul Tahun 2017-2021 pengurus baru dan sudah disiapkan oleh pengurus lama, nantinya pembinaan akan dilakukan oleh pengurus yang lama. Kita sudah menyampaikan proposal ke Dinas Kebudayaan Kab. Bantul. Nantinya akan ada beberapa perlombaan baik antar Kecamatan, Kethoprak antar sekolah SMA di masing-masing Kecamatan di Bantul. FKKB Kec. Dlingo kemarin menyabet juara 3 Kethoprak antar Kecamatan karena Paskibraka Dlingo dilatih Kethoprak selama 6 Bulan untuk tampil. Salah satu penilaian dari Juri adalah regenerasi para pelaku Kethoprak. “Untuk Muspika Pajangan sekiranya dapat memberdayakan Paskibraka untuk melestarikan Kethoprak”, pintanya.

Hasil dari Muscam FKKB Kec. Pajangan Thun 2017 sebagai Ketua terpilih Bpk. Saridal. Selanjutnya dilakukan pelantikan oleh Camat Pajangan Yulius Suharta dan dilanjutkan pembacaan ikrar oleh seluruh pengurus baru FKKB Kec. Pajangan masa bakti Tahun 2017-2021.

Hingga selesainya Muscam FKKB Kec. Pajangan situasi berakhir dalam keadaan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan).


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:00

0 komentar:

CB