Polsek Sanden Gelar Pemeriksaan Dini Kanker Leher Rahim Gratis

Posted by Humas Polresbantuldiy on 21:22

Sesuai jadwal, hari ini Kamis, 23 Februari 2017 program inovasi terobosan Polri berupa Pemeriksaan Dini Kanker Leher Rahim/IVA secara gratis untuk masyarakat di wilayah Kecamatan Sanden telah dibuka oleh Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK di Mapolsek Sanden. Terpantau pada keempatan itu ratusan ibu rumah tangga dengan tertib mengantri pemeriksaan dokter.

Kegiatan tersebut merupakan program inovasi terobosan Polsek Sanden di bidang kesehatan yang diprakarsai Unit Binmas Polsek Sanden bekerjasama dengan Departemen Obgyn FK UGM/RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Muspika Sanden, Desa, serta ibu-ibu Kader dari TP PKK Kecamatan Sanden serta TP PKK Desa se-Kecamatan Sanden. Pemeriksaan IVA dilaksanakan di Polsek Sanden selama dua hari mulai tanggal 23-24 Februari 2017 mulai jam 08.30 Wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda DIY Brigjen. Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si, Dekan Fakultas Kedokteran UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K), Dirbinmas Polda DIY Kombes Rudi Heru Susanto beserta jajarannya, Ketua Abdimas RSUP Dr. Sardjito dr Nurhadi Ramhad, SpOG, team medis RSUP Dr. Sardjito, Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, Muspika Sanden, Lurah Desa se-Sanden, Biddokes Polda DIY, Urkes Pokres Bantul, ibu-ibu Kader dari TP PKK Kecamatan Sanden dan TP PKK Desa se-Sanden, serta bhayangkari Polsek Sanden.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta dalam laporannya menyampaikan, kanker leher rahim merupakan salah satu penyakit yang telah menduduki tempat kedua sebagai kanker yang diderita perempuan Indonesia, dan sebagian besar perempuan Indonesia belum memahami pentingnya skrining kanker leher rahim, baik karena kurangnya pengetahuan, hingga rasa malu dan takut menjadi penyebabnya. Mendasari hal itu Polsek Sanden membuat inovasi terobosan, yakni dengan melakukan kerjasama dengan Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito yaitu melakukan kegiatan di bidang kesehatan pemeriksaan deteksi dini kanker leher rahim.

Lebih lanjut Kapolsek Sanden mengatakan, maksud dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya atau dampak yang ditimbulkan dari penyakit kanker servik/kanker leher rahim, sekaligus memberikan bantuan berupa pemeriksaan IVA/pemeriksaan dini kanker leher rahim secara gratis dengan bekerjasama antara Departemen Obgyn FK UGM/RSUP Dr Sardjito dengan Polsek Sanden, Muspika, Puskesmas, Desa serta para kader dari TP PKK Kecamatan kader TP PKK Desa se-Sanden.

Sedangkan tujuannya untuk mengurangi angka penderita kanker leher rahim sekaligus angka kematian yang diakibatkan karena penyakit ini serta meningkatkan partisipasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan khususnya kanker servik/kanker leher rahim sekaligus membantu program dari pemerintah khususnya dibidang kesehatan.

Kapolres Bantul AKBP Dadiyo saat membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa tugas polisi sangat luas, ada penegakan hukum, memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, serta pelindung dan pelayan masyarakat. Untuk kegiatan pemeriksaan ini adalah wujud daripada pelayanan polri kepada masyarakat khusus dibidang kesehatan.

Kapolres Bantul menambahkan, jajarannya tidak akan mampu melaksanankannya tanpa ada kemitraan yang sinergis dengan instansi terkait, dalam hal ini Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito, Muspika maupun kader TP PKK Kecamatan serta TP PKK Desa.

Sasaran dari kegiatan ini adalah ibu-ibu rumah tangga. Harus dipahami bahwa peranan ibu dalam rumah tangga sangatlah penting dalam mendidik anaknya supaya sesuai yang diharapkan. Untuk itu program ini diharapkan para ibu memahami arti penting sebuah kesehatan, jelas Kapolres Bantul.

Sedangkan Dekan Fakultas Kedokteran UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., Phd., SpOG(K) dalam kesempatannya memberikan apresiasi atas terlaksananya bhakti sosial pemeriksaan dini kanker leher rahim ini yang merupakan kerja inovasi polri Polsek Sanden. Beliau menyadari event seperti ini merupakan keberhasilan kita dalam menangani atau mengatasi problem kesehatan dengan kerjasama lintas sektor.

Prof. dr. Ova menambahkan, Departemen Obgin FK UGM telah mengadakan bhakti sosial deteksi ini sudah lama, kalau dengan pendekatan dan bekerjasama dengan polri baru sekali ini.

Lebih lanjut Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K) mengatakan bahwa penyakit kanker yang menempati urutan pertama di dunia adalah kanker payudara karena deteksinya sulit, tetapi di Indonesia kanker leher rahim menempati urutan pertama. Kanker leher rahim ini bisa dicegah dengan pemeriksaan deteksi dini. Kanker leher rahim biasanya menyerang negara berkembang dan miskin, negara maju sangatt kecil karena sudah biasa melaksanakan pemeriksaan dini, jelas Dekan FK UGM Prof. dr. Ova Emilia, M.Med.Ed., PhD., SpOG(K).

Kapolda DIY Brigjen. Pol. Drs. H. Ahmad Dofiri, M.Si saat nengunjungi pelaksanaan pemeriksaan dini kanker leher rahim di Polsek Sanden memberikan apresiasi yang tinggi atas  terlaksananya kegiatan tersebut. Hal yang paling berkesan dari Kapolda adalah antusias dari ibu-ibu yang dengan kesadaran sendiri untuk memeriksakan. Dalam pemeriksaan dini kanker servik sangat susah, tetapi hari ini peminatnya sangat banyak yakni 300 orang, itupun dibatasi dimana jumlah pendaftar ada 600 orang lebih, ujar Kapolda DIY. Ini menunjukkan bahwa kesadaran masyarakat yang ingin sehat cukup tinggi.

Kapolda DIY menambahkan, kegaiatan ini adalah salah satu program Polda DIY di fungsi Binmas yaitu bhakti sosial, bhakti kesehatan dan akan dilaksanakan berkelanjutan.

Bripka Sulis Trianto, SH Bamin Unit Binmas Polsek Sanden menjelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan dini kanker leher rahim tidak hanya dilaksanakan sekali ini saja, tetapi juga akan dilaksanakan program lanjutan tahap kedua yang akan dilaksanakan bulan Juni 2017. Hal ini untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang saat ini nelum dapat melakukan pemeriksaan.

Sedangkan Dwi Astuti, SIP dari RSUP Dr. Sardjito menjelaskan, dari 132 orang yang sudah melakukan pemeriksaan, ada 19 orang yang terindikasi abnormal. Mereka yang terindikasi abnormal akan dirujuk ke RSUP Dr. Sardjito guna penanganan lebih lanjut. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 21:22

0 komentar:

CB