Kapolsek Pajangan Ikuti PSN

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:50

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Humas mengikuti kegiatan monitoring PSN di Dusun Kentolan Kidul, Jaten dan Kayuhan Kulon, Jumat (3/3/2017) jam 08.00 Wib.

Kegiatan PSN dilaksanakan untuk meminimalisir penyakit yang ditularkan oleh Nyamuk. “Dengan PSN kita juga bisa mengetahui kondisi masyarakat secara langsung dan melakukan komunikasi serta memberikan himbauan himbauan kamtibmas”, kata Kapolsek.

Seluruh unsur Muspika Pajangan, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Sekcam Kec. Pajangan Bambang Yuliono, S.E., Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi, KUA, Babinsa Koramil Pajangan, PKH, BPPKB, Puskesmas, UPT PPD, Komunitas RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) Kec. Pajangan, Pemerintahan Desa dan Kader PKK Dusun di Pajangan dilibatkan dalam kegiatan PSN ini.

Mari kita berantas nyamuk dengan melakukan gerakkan 3 M (Menguras, Menutup dan Menimbun) barang bekas yang dapat menampung air dan membersihkan lingkungan, ajak Kapolsek kepada warga.
Pada PSN ini jentik-jentik banyak ditemukan diluar rumah seperti di ban bekas, sampah plastik di pekarangan, pecahan gelas kaleng bekas yang ditempatkan dipinggiran rumah dan tempat minum burung serta hewan peliharaan.
Sedangkan di dalam rumah ditemukan di air buangan kulkas dan dispenser, sedangkan di kamar mandi rata-rata bersih. Warga masyarakat yang jarang menguras bak mandinya diharapkan menaruh ikan agar jentik-jentik dimakan oleh ikan. Kesadaran dari seluruh warga masyarakat sangat dibutuhkan dalam melakukan PSN ini, ungkap Aiptu Tetepana Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari.

Hadir dari PSN kali ini jentik nyamuk masih banyak ditemukan diluar rumah. Dusun Kayuhan Kulon Desa Triwidadi dari 40 rumah yang dijadikan sampel, 8 rumah positif jentik dan nilai ABJ (Angka Bebas Jentik) 80 %. Dusun Kentolan Kidul desa Guwosari dari 42 rumah yang positif jentik 10 rumah dan nilai ABJ 76,19 %.  Sedangkan Dusun Jaten dari 40 rumah yang di PSN, 4 rumah positif jentik sehingga ABJnya 90 %.

Yulius Suhata Camat Pajangan mengajak warga masyarakat Pajangan untuk mengiakan PSN agar terhindar dari penyakit karena nyamuk. Sampai saat ini warga masyarakat Pajangan yang sudah positif terkena penyakit DBD 1 orang. Terimakasih kepada tim Monitoring dan warga masyarakat yang sadar untuk melakukan PSN, tambahnya.

Kegiatan PSN di wilayah Kec. Pajangan berakhir pada jam 09.00 Wib. Selesai melakukan PSN seluruh tim Monitoring kembali ke kantornya dan melaksanakan tugasnya masing-masing. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:50

0 komentar:

CB