Pertemuan FKDM Di Balai Desa Donotirto Kretek

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:15

Kaur Bin Ops Bimas Polres Bantul Iptu Dedi Tunaidi mewakili Kasat Binmas menghadiri pertemuan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) di Balai Desa Donotirto Kretek Bantul, Selasa, 28 Februari 2017 pukul 09.30 Wib.

Kegiatan yang mengambil tema "Kerukunan Umat Beragama" ini dihadiri juga oleh Kapolek Kretek Kompol Salim, Danramil Kretek diwakili Peltu Jumiran, Achmad Jumali selaku ketua panitia, Kasi Trantib Kec. Kretek Subagio, Lurah Donotirto Juraimi dan para tokoh agama Kec. Kretek.

Iptu Dedi Tunaidi yang didapuk selaku narasumber menyampaikan bahwa keamanan dan ketertiban masyarakat adalah barometer kehidupan masyarakat yang aman, tenteram dan damai. Menurutnya, keamanan adalah suatu kondisi yang  bebas dari gangguan fisik maupun ketakutan dan terlindungi dari segala macam bahaya.

Dijelaskannya, berbagai faktor yang berpengaruh terhadap keamanan dan ketertiban masyarakat, diantaranya ekonomi yang belum stabil, belum tegaknya hukum secara maksimal dan ketidakpedulian masyarakat. “Keamanan bisa dilaksanakan dengan kesadaran setiap warga. Untuk itu, mari kita jaga bersama-sama,” tegasnya.

Narasumber berikutnya adalah Umar Wiradi Kusumo dari Kesbang Pol Kasi Kewaspadaan Bantul menyampaikan bahwa FKDM ini harapanya dibentuk sampai di tingkat desa, dan sampai saat ini belum bisa maksimal. Sehingga mari kita tingkatkan bersama-sama. Dan untuk ke depan FKDM ini akan ada anggaran dari negara, sehingga agar disetiap kecamatan segera dibentuk.

Sementara itu, Sarjiyo narasumber dari Pengurus Gereja Kretek menyampaikan bahwa kasus antar umat beragama ini mari kita sikapi dengan cara rukun diantara setiap orang yg berbeda agama,  karena perbedaan itu merupakan keindahan. Ada beberapa cara untuk menjadikan rukun yaitu dengan mengamalkan Pancasila, UUD 45.

Selain itu mari kita saling menghormati tempat ibadah yg berbeda agama serta saling menjaga, dan menghormati kitab suci, cara berpakaian, dan cara bersembahyangnya.

Sementara itu, Sutrisno Ketua Karang Taruna sekaligus Ketua FKDM Kab. Bantul menyampaikan bahwa FKDM ini dibentuk untuk membantu instrumen negara dalam menyelengarakan urusan keamanan, ketentraman dan ketertiban dalam masyarakat untuk deteksi dini terhadap potensi dan kecenderungan ancaman serta gejala gangguan kamtibmas.

FKDM ini bertugas untuk menjaring, menampung, mengkoordinasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi gangguan kamtibmas. Serta  memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi gubernur Bupati/Walikota Camat atau Lurah mengenai kewaspadan lebih dini. Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 Wib, berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:15

0 komentar:

CB