Polsek Sanden Evaluasi Pelaksanaan Program Terobosan Pemeriksaan IVA

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:56

Polsek Sanden melaksanakan evaluasi program terobosan pelaksanaan pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA, Selasa, 7 Maret 2017 jam 11.15 Wib. Kegiatan dilaksanakan di ruang Unit Binmas dihadiri Kapolsek Sanden AKP Riwanta, Kepala Puskesmas Sanden Dr Anastasia Endar, Dwi Astuti, SIP dari Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr. Sardjito, Kanit Binmas Iptu Tri Haryana, drg. Kristinawati, Ibu-ibu Kader dari TP PKK Kecamatan Sanden dan TP PKK Desa se-Sanden, serta anggota Polsek Sanden.

Kapolsek Sanden AKP Riwanta dalam kesempatannya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak, khususnya puskesmas Sanden, Kecamatan serta Kader TP PKK Kecamatan dan Desa atas kerjasamanya dalam pelaksanaan program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan yaitu pemeriksaan dini kanker leher rahim secara gratis untuk masyarakat Sanden.

"Alhamdulillah pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan lancar, itu semua berkat kerja keras ibu-ibu kader TP PKK Kecamatan dan Desa", kata Kapolsek Sanden.

Kepala puskesmas Sanden dr Anastasia Endar dalam kesempatan tersebut memberikan apresiasi yang tinggi kepada Polsek Sanden yang telah melaksanakan pemeriksaan dini kanker leher rahim/IVA secara gratis buat masyarakat.

"Saya sangat terkejut, program kesehatan tidak hanya milik instansi kesehatan saja, bahkan Polsek Sanden ikut berusaha membantu pihak kesehatan melakukan pemeriksaan dini kanker leher rahim yang menduduki ranking pertama di Indonesia", kata dr Endar.

Hasil dari kegiatan yang dilaksanakan Polsek Sanden sangat luar biasa, ini terbukti dengan pesertanya yang sangat banyak, ujar dr Endar. Lebih lanjut dr Endar mengatakan bahwa di Sanden sudah ada 3 orang yang meninggal akibat kanker serviks, sehingga tidak heran hasil skrining sangat tinggi yang mencapai 41 orang, dan puskesmas sudah melaporkan hasilnya ke Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. dr Endar berharap, kegiatan dan kerjasama yang dilakukan Polsek Sanden terus berlanjut dengan metode pendekatan sosialisasi yang hasilnya terbukti sangat baik.

Acara dilanjutkan dengan evaluasi yang dipimpin Kanit Binmas Polsek Sanden Iptu Tri Haryana yanh mengatakan "Secara keseluruhan, pelaksanaan program terobosan Polsek Sanden dibidang kesehatan yaitu pemerimsaan IVA berjalan lancar dan sukses, hal ini berkat kerja keras ibu-ibu kader TP PKK Kecamatan dan TP PKK Desa se-Sanden", kata Iptu Tri Haryana.

Ternyata kesehatan tidak hanya milik kesehatan, polri juga punya dokkes, bahkan belum lama ada MOU antara Kapolri dengan IDI, untuk teknis penanganan peserta yang positif minta penjelasan dari Sardjito.

Sedangkan Dwi Astuti, SIP dari Departemen Obgin FK UGM/RSUP Dr Sardjito mengaku puas atas pelaksanaan Bhakti sosial pemeriksaan IVA.

"Baru pertama kali ini bhakti sosial pemeriksaan IVA, animo masyarakat sangat banyak, biasanya cuma 150 orang, ini tidak bisa terlaksana tanpa kerja keras kader terhadap kesehatan masyarakat", ujar Dwi Astuti, SIP mewakili RSUP Dr Sardjito.

Terimakasih kepada Kapolsek Sanden beserta jajarannya atas kerjasamanya dalam pelaksanaan pemeriksaan IVA, ini menunjukkan bahwa kesehatan bukan hanya menjadi tanggungjawab instansi kesehatan/medis saja tetapi tanggungjawab kita bersama, ujar Dwi Astuti, SIP.

Lebih lanjut Dwi Astuti, SIP mengatakan, terkait dengan hasil positif bagi peserta, jangan ditanggapi secara berlebihan. Hasil positif kemarin hanya positif lesi dan belum tentu terjangkit kanker. Bagi yang lesinya positif akan ada tahap pemeriksaan selanjutnya, misalnya dengan pap smear.

Dalam kesempatan tersebut, Polsek Sanden memberikan cinderamata kepada ibu-ibu Kader TP PKK Kecamatan dan kader TP PKK Desa se-Sanden, dan Puskesmas Sanden. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:56

0 komentar:

CB