Upacara HUT Damkar Ke 98 Di Lapangan Paseban

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:18

Wakil Bupati Bantul H. Abdul Halim Muslih memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Pemadam Kebakaran (Damkar) ke-98 Kabupaten Bantul di Lapangan Paseban, Selasa, 7 Maret 2017 pukul 08.00 WIB.

Upacara dihadiri sejumlah Forkompinda Kabupaten Bantul seperti Kapolres Bantul AKBP Dadiyo, SIK, Dandim  0729/Bantul Letkol Inf Agus Widianto, Kepala BPBD Bantul Drs.Dwi Daryanto, M.Si, Danlanud, Danlanal, Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul dan segenap tamu undangan.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Bantul membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Dalam sambutannya, Mendagri mengajak seluruh bangsa Indonesia melakukan gerakan perang terhadap kebakaran dengan mengedepankan tindakan preventif atau pencegahan daripada responsif kebakaran, mengingat kebakaran dapat menimbulkan korban jiwa, kerugian materi, kehilangan pencaharian, kemunduran ekonomi, kerusakan lingkungan yang mengakibatkan terganggunya kesehatan, transportasi dan produktifitas ekonomi berskala nasional atau internasional.

Lebih lanjut Mendagri menegaskan, tata kelola pemerintahan pasca terbitnya Peraturan Pemerintah Nomor 18 tahun 2016 tentang Organisasi Perangkat Daerah diharapkan mampu mengatur kelembagaan pemadam kebakaran di daerah menjadi jelas dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang tertuang dalam lampiran Undang-undang 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah menyangkut kewenangan pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

Urusan Kebakaran menjadi strategis dan prioritas dalam perencanaan dan anggaran pemerintah daerah sebagai perwujudan menjamin kehadiran pemerintah daerah di dalam memberikan pelayanan kebakaran dan penyelamatan kepada masyarakat, hal ini sejalan dengan Nawa Cita atau 9 Agenda Presiden Republik Indonesia 2014-2019.

Di sisi yang lain Mendagri juga mengharapkan, semoga dengan peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke 98 ini, terus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas personil dan kelembagaan Damkar untuk menyongsong tugas yang semakin komplek di masa yang akan datang. “Selamat Ulang Tahun, selamat bertugas, Stop Kebakaran, Stop Pencemaran Asap !!!,” tandasnya.

Menutup acara peringatan damkar tersebut, dilakukan demo pemadaman api oleh petugas pemadam kebakaran dan relawan anti kebakaran di Lapangan Paseban Bantul. Wakil Bupati Bantul dan segenap tamu undangan mengapresiasi demo tersebut, dan mengharapkan para petugas atau relawan untuk selalu sigap dan cepat bertindak menangani bencana kebakaran. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:18

0 komentar:

CB