Wiwitan Panen Raya Padi Di Area Persawahan Dusun Kedon

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:04

Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto, SH, MH menghadiri tradisi wiwitan dalam rangka panen raya padi di area persawahan Dusun Kedon Sumbermulyo Bambanglipuro, Senin, 6 Maret 2017 pukul 09.00 Wib. Tradisi wiwitan ini menandai dimulainya panen padi milik petani setempat untuk musim tanam pertama tahun 2017.

Selain Kapolsek, acara tersebut juga dihadiri oleh Anggota DPRD Bantul Komisi B Dwi Kristianto, pejabat dari Dinas Pertanian Bantul, Wahyu Setiaji, SP, Camat Bambanglipuro Drs Anom Adiyanto Bsc, Danramil Bambanglipuro Kapten Cba. Mardiono, Lurah Sumbermulyo Dra Ani Widayani, serta para petani Desa Sumbermulyo sekitar 400 orang.

Dalam acara ini digelar arak-arakan berupa gunungan padi, sayur dan buah –buahan yang dimulai dari rumah warga menuju tempat acara panen raya.

”Tradisi wiwitan ini secara rutin dilakukan oleh petani di sini setiap menjelang musim panen, sebagai rasa syukur diwujudkan dengan memberi sedekah berupa nasi wiwit. Nanti setelah didoakan, nasi wiwit itu dibagikan kepada masyarakat yang datang,” ujar Suwanto selaku Ketua Kelompok Tani Mandiri Kedon.

Luas lahan pertanian di Dusun Kedon adalah 38,9 ha. Pada musim panen ini, petani mengalami beberapa kendala dalam menanam padi terutama kendala cuaca ekstrim. Banyaknya hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan tanaman padi sering tergenang air sehingga memicu beberap penyakit. Namun para petani bersyukur, masih dapat melaksanakan panen raya.

Sementara itu Kapolsek Bambanglipuro AKP Yayan Dewayanto, SH, MH berharap semoga dengan panen ini kesejahteraan petani di Desa Sumbermulyo ini meningkat. Dan kami sangat mendukung acara seperti ini karena dapat melestarikan kebudayaan nenek moyang kita dulu,” tandasnya. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:04

0 komentar:

CB