Sosialisasi Jaga Warga Di Balai Desa Poncosari

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:12

Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Supriyono dibantu Bhabinkamtibmas Desa Poncosari Aiptu Dalija melaksanakan kegiatan Sosialisasi Jaga Warga kepada Pamong, Kadus dan Kader sedesa Poncosari Srandakan Bantul.

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di pendopo balai Desa Poncosari Srandakan pada hari Kamis, 27 Juli 2017 pukul 09.00 Wib dihadiri Kabid Bina Idiologi dan Was Nas bapak Priyatno SH. MM, Kasi Was dan Ketahanan Nas bapak Umardani SH.MM, Camat Srandakan bapak Drs. Sukirno, Lurah Desa Poncosari H. Supriyanto. SE. Spt dan Tamu undangan.

Pada acara tersebut Kanit Binmas Polsek Srandakan AKP Supriyono sebagai salah satu nara sumber menyampaikan, jaga warga dibentuk berdasarkan Pergub DIY Nomor 9 Tahun 2015 Tentang Jaga Warga. Jaga warga adalah upaya menjaga keamanan, ketenteraman, ketertiban, dan kesejahteraan masyarakat serta menumbuhkan kembali nilai-nilai luhur yang ada di masyarakat oleh sekelompok orang dengan membentuk lembaga jaga warga atau dengan mengoptimalkan pranata sosial yang sudah ada. Jaga warga dikelola berasaskan : kebersamaan, sukarela, kearifan lokal, swadaya, swakarsa, dan partisipasi.

Fungsi jaga warga yaitu penanganan dan penyelesaian gangguan sosial dalam kehidupan masyarakat/warga agar tercapai keselarasan dan pencapaian tujuan ketenteraman dan kesejahteraan masyarakat.

Adapun tugasnya yaitu menjaga, menumbuhkan dan mengembangkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan. Membantu menciptakan keamanan, ketenteraman dan ketertiban di masyarakat. Dan membantu pihak berwenang dalam mengantisipasi dan menangani kerawanan sosial dan bencana. (Sihumas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:12

0 komentar:

CB