Malam Tirakatan HUT RI Ke 72 Di Dusun Santan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:12

Dalam pantauan Humas Polsek Pajangan, malam ini di setiap tempat di kampung seluruh wilayah Pajangan mengadakan tirakatan HUT RI ke 72, salah satunya yaitu di Dusun Santan, Guwosari Pajangan juga diadakan tirakatan, Rabu (16/8/2017) jam 20.00 Wib

Tirakatan di dusun Santan diisi dengan Tahlilan dan doa bersama masyarakat di Pendopo Kabasyiran, di sebelah Utara Masjid Santan. Seusai dzikir tahlil, lalu dilanjutkan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur atas kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72.

"Ini adalah wujud syukur atas kemerdekaan dam mendoakan kepada para pahlawan semoga arwahnya diterima di sisi Tuhan yang Maha Esa",  demikian dikatakan Dukuh Santan Mudakir.

Kegiatan ini dihadiri seluruh warga, tak terkecuali warga non Muslim. Guyub rukun sekalipun berbeda keyakinan tak menjadi sebab renggangnya berkehidupan di dusun Santan.

Dalam pengajiannya, Kiai Ahmadi Bahrodin berpesan bahwa kita semua wajib menghargai jasa para pahalawan. Tak perlu mengecualikan perbedaan ras, suku, dan agama. Indonesia terbentuk dari cucuran keringat dan darah seluruh komponen bangsa, dari seluruh agama dan suku berjuang demi kemerdekaan Indonesia.

"Kita harus saling menghargai perbedaan keyakinan dalam kehidupan bernegara. Tidak perlu saling mengungkit perbedaan. Yang lebih penting adalah mencari titik kesamaan dalam kehidupan bernegara." Demikian Kiai Ahmadi menuturkan.

"Yang terpenting adalah menjaga persatuan dan kesatuan negara dibanding mementingkan ego golongan dan kepentingan pribadi." Lanjut Kiai Ahmadi.

Setelah memotong tumpeng, bapak Mudakir memberikan tumpeng secara simbolis kepada dukuh Dongkol bapak Mujiharjo. Lalu dilanjutkan makan bersama seluruh warga Santan.

Setelah dari dusun Santan, Humas Polsek Pajangan Aipda Moh. Arin Ashudi segera menuju ke dusun Karangber untuk meliput tirakatan dan pembagian hadiah di Waroeng Ndeso.

Hadir di Karangber Lurah Guwosari H. Muh. Suharto. Dalam sambutannya, Muh. Suharto mengatalan untik mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif demi kemajuan negara Indonesia.

"Dimana di sebuah desa pemudanya bergerak, pastilah kemajuan adalah hasil yang niscaya tercapai. Maka dari itu kami selalu mendukung pemuda-pemudi untuk senantiasa mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Terutama kekreatifan dan pendidikan masyarakat", ujarnya.

Kegiatan betlangsung hingga jam 22.00 Wib, berakhir dalam keadaan aman kondusif dengan pengamanan personil Polsek Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:12

0 komentar:

CB