Upacara HUT Pramuka Ke 56 Tahun 2017 Kwaran Pajangan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 02:30

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. mengikuti upacara bendera Peringatan HUT Pramuka Ke 56 tahun 2017 Kwartir Ranting (Kwaran) Pajangan di lapangan Kamijoro Sendangsari Pajangan Bantul, Senin (14/8/2017) jam 08.00 Wib.

Hadir dalam Upacara ini Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. (Kamabiran), Kepala KPR (Kesatuan Pengamanan Rutan) Bantul Fx Agus Subagya, SH, Kepala UPT PPK Pajangan Agus Suharyanto S.Pd (Ka Kwaran), Lurah Guwosari H. Muh. Suharto, Kepala Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK dan sejumlah tamu undangan.

Gerakan Pramuka mulai dari tahun 1961 - 2017. Peringatan tahun ini dengan tema "Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Yang Terbaik Bagi Bangsa".

Bertindak sebagai Irup Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. dengan komandan upacara Sdr. Dani dari Pramuka SMA Pajangan. Pramuka dari SD/MI, SMP, SMA/SMK di Pajangan dilibatkan dalam Upacara ini. Sebelum dimulai dilakukan Seville seluruh peserta Upacara dilanjutkan dengan penghormatan kepada Bendera Merah Putih.

Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si. mengatakan mari kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan YME karena pada pagi hari ini kita dapat melaksanakan upacara dalam rangka Hari Pramuka yang ke 56. Yang pertama, saya akan menyampaikan gerakan Pramuka ditandai dengan rangkaian peristiwa di Istana negara RI pada tanggal 9 maret 1961.

Presiden berpidato dihadapan para tokoh dan pimpinan organisasi organisasi kepanduan yang terlibat di Indonesia. Kemudian hal tersebut dikenal dengan Hari Tunas Gerakan Pramuka.  Kemudian pada tanggal 20 mei 1961 diterbitkan Keppres Nomor 238 Tahun 1961 tentang gerakan Pramuka.

Yang kedua, untuk memenuhi SKU (syarat kecakapan umum), yang didalamnya terdapat kePramukaan, dewasa ini sangat dibutuhkan untuk anak anak kita. Dalam kePramukaan, anak akan mengenal situasi alam, berpetualang, bermain, dan kerja sama dengan anak sebaya dalam permainan ataupun berpetualang di alam. Karena anak-anak sekarang cenderung asyik dengan teknologi, bermain gadget, game online dll.

Yang ketiga Tema Hari Pramuka tahun ini adalah “Bekerja Untuk Kaum Muda, Mewariskan Hal Yang Terbaik Bagi Bangsa”. Semoga dengan daya dan upaya dan kerja keras kita bersama, kita dapat mewujudkannya.

Yang keempat, terima kasih atas dukungan orangtua dan masyarakat Bantul atas kepercayaannya menyertakan putra putrinya untuk mengikuti kegiatan kePramukaan. Dan terimakasih atas partisipasi anggota Pramuka yang setia membayar iuran anggota melalui Tigor 34 (Tanda iuran gotong royong) Pramuka Pajangan.  Hal tersebut merupakan salah satu sumber dana disamping dari pemerintah sebagai mana diatur dalam UU nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. “Semoga jerih payah dan keikhlasan kita mendapat berkah dan amal dari Tuhan YME”, tuturnya.

Selama kegiatan berlangsung dilakukan pengamanan oleh Polsek Pajangan, Koramil Pajangan dan RAPI Kec. Pajangan. Kegiatan berakhir jam 09.20 Wib berjalan lancar aman dan kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB