Air Yang Dapat Digunakan Untuk Berwudhu

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:16

Kepolisian Resort Bantul mengadakan pengajian rutin bulanan dengan penceramah Ustadz KH Muhtarom S.Ag M.Si di Masjid Baitun Nikmah Polres Bantul, Kamis (7/9/2017).

Pengajian diikuti oleh, para pejabat Polres Bantul seperti Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi SIK MM, Waka Polres Bantul Kompol Mariska Fendi Susanto SH SIK, para Kabag, Kasat, Kapolsek Jajaran, anggota/PNS Polres Bantul, perwakilan Polsek Jajaran dan Bhayangkari.

Dalam tausiyahnya, Ustadz KH Muhtarom S.Ag M.Si membahas tentang air yang dapat digunakan untuk berwudhu atau bersuci. Perlu diketahui bahwa air itu ada dua macam yaitu air muthlaq dan air najis.

Air muthlaq ini biasa disebut pula air thohur (suci dan mensucikan). Maksudnya, air muthlaq adalah air yang tetap seperti kondisi asalnya. Air ini adalah setiap air yang keluar dari dalam bumi maupun turun dari langit. Sebagaimana Allah Ta’ala berfirman, “Dan Kami turunkan dari langit air yang suci.” (QS. Al Furqon: 48)

Yang juga termasuk air muthlaq adalah air sungai, air salju, embun, dan air sumur kecuali jika air-air tersebut berubah karena begitu lama dibiarkan atau karena bercampur dengan benda yang tidak suci sehingga air tersebut tidak disebut lagi air muthlaq.

Begitu pula yang termasuk air muthlaq adalah air laut. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah ditanyakan mengenai air laut, beliau pun menjawab,

“Air laut tersebut thohur (suci lagi mensucikan), bahkan bangkainya pun halal.” (HR. Tirmidzi, Abu Daud dan An Nasa’i).

Sementara pengertian air najis adalah air yang tercampur najis dan berubah salah satu dari tiga sifat yaitu bau, rasa atau warnanya. Air bisa berubah dari hukum asal (yaitu suci) apabila berubah salah satu dari tiga sifat yaitu berubah warna, rasa atau baunya.

Dari Abu Umamah Al Bahiliy, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya air tidaklah dinajiskan oleh sesuatu pun selain yang mempengaruhi bau, rasa, dan warnanya.”

Selama pengajian berlangsung, anggota Polres Bantul mendengarkannya dengan khusuk selesai aman tertib. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:16

0 komentar:

CB