Bhakti Sosial Deteksi Dini Kanker Leher Rahim Dan PAPS Mear Di Dusun Dukuh

Posted by Humas Polresbantuldiy on 19:10

Personil Polsek Pundong melaksanakan pengamanan giat Bhakti Sosial deteksi dini kanker leher rahim dan PAPS Mear di dusun Dukuh Rt 01, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong, Bantul Sabtu, 16 September 2017 pukul 09.00 Wib.

Giat diselenggarakan oleh Yayasan kanker Indonesia (YKI) Cabang Yogyakarta bekerjasama dengan Polsek Pundong, Puskesmas Pundong dan TK PKK Dusun Dukuh, Desa Seloharjo, Kecamatan Pundong diikuti oleh 50 peserta

Hadir dalam kesempatan ini dr Yahya Nurlianto dari YLKI dr Sarjito, dr Petronela dari YLKI, Aiptu Sardini Kanit Binmas Polsek Pundong, dr Ms Kathurahman Msc dari BKKBN, ibu siti asih dari Puskesmas Pundong, ibu Tukirah kepala dusun Dukuh, perwakilan TK PKK dusun Dukuh dan lebih kurang 50 warga peserta baksos.

Sosialisasi deteksi dini kanker leher rahim dan PAPS MEAR oleh Dr Yahya Nurlianto dari YLKI rumah sakit Sarjito menyampaikan bahwa dari data WHO terdapat 40 sampai 45 orang terdeteksi kanker serviks setiap harinya, separonya akan meninggal. Pasien yang terindikasi kanker servik saat ini hanya bisa diobati di rumah sakit Sarjito

Penyebab kanker servik diantaranya Hubungan sex tidak sehat / sex bebas, tidak bisa menjaga kesehatan dan kebersihan alat kelamin.

Faktor resiko wanita diatas 50 tahun, melakukan hubungan sex di bawah umur 20 tahun, penderita peningkatan jumlah sel rahim.

Gejala kanker servik diantaranya yaitu pendarahan tidak normal diantara menstruasi, keluar darah saat berhubungan badan dengan suami, setelah menopause,  keputihan. Solusinya yaitu Operasi, Kemotherapy, Penyinaran. Kanker servik merupakan kanker terbanyak kedua, bukan penyakit yang diturunkan

Pencegahannya yaitu jangan melakukan sex bebas, hindari merokok, lakukan hidup sehat, makan makanan yang bergizi.

Acara dilanjutkan dengan pemeriksaan kepada ibu ibu dusun Dukuh yang telah mendaftarkan diri. Dari awal sampai berakhirnya giat berjalan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Pundong)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 19:10

0 komentar:

CB