Penyuluhan Narkoba Kepada Mahasiswa Baru AMA YPK Banguntapan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:32

Rabu, 06 September 2017 pukul 10.00 wib di AMA YPK Wonocatur Banguntapan Bantul telah dilaksanakan bimbingan dan penyuluhan Narkoba kepada mahasiswa baru AMA YPK Wonocatur Banguntapan Bantul.

Sebagai nara sumber yaitu Panit Binmas Polsek Banguntapan Aiptu Subandi dan Aiptu Agus Widiyanto diikuti 150 Mahasiswa baru. Hadir pada giat tersebut Rektor AMA YPK Anung Pramudya, SE, MM dengan moderator Dosen Wahyu Eko SH, MM.

Giat dalam rangka pengenalan lingkungan mahasiswa baru AMA YPK, sekaligus sarana untuk memberikan bekal pengetahuan pada generasi penerus agar tidak terjerumus pada narkoba.

Sebagai nara sumber Panit I Binmas Aiptu Subandi memaparkan pada mahasiswa baru apa itu narkoba dan pengertiannya serta sangsi hukumnya bila menyalahgukanya. Pengertian narkoba secara umum adalah Zat kimia yang dapat mengubah keadaan psikologi seperti perasaan, pikiran, suasana hati serta prilaku jika masuk kedalam tubuh manusia baik dengan cara dimakan, diminum, dihirup, suntik, intravena dll.

Narkoba menurut pakar kesehatan adalah psikotropika yang biasa dipakai untuk membius pasien saat hendak dioperasi atau obat-obatan untuk penyakit tertentu.

Selanjutnya menunjukkan contoh-contoh narkoba ataupun makanan yang dikemas dan berisi narkoba, menunjukkan orang jika sudah terkena narkoba dengan perbandingan orang yang tidak terkena narkoba. Memaparkan ciri-ciri orang yang sudah terkena narkoba. Dan sampai dengan sangsi hukum bagi penyalahgunaan narkoba.

Memasuki session tanya jawab salah satu audiensi mahasiswa menanyakan "Kenapa narkoba remaja yang selalu jadi sasaran / incaran?" Aiptu Subandi menjawab karena generasi muda merupakan tulang punggung negara, maka dari itu salah satu jika generasi muda sudah hancur maka bangsa dan negara tersebut mudah untuk dihancurkan atau dirobohkan.

Pertanyaan selanjutnya "Kenapa narkoba dikemas atau dimasukkan dalam bentuk makanan?" dijawab karena untuk menyamarkan agar masyarakat tidak tahu, namun dari rasa maupun aroma sudah pasti berbeda. Tips amannya jangan jajan sembarangan, biasanya makanan yang mengandung narkoba dikemas dengan tampilan yang sangat menarik sehingga menimbulkan rasa tertarik untuk membelinya terutama dikalangan anak-anak. (Sihumas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:32

0 komentar:

CB