Polsek Pleret Latih PKS Di SMP N 1 Pleret

Posted by Humas Polresbantuldiy on 17:35

Jelang lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Tingkat Kabupaten Bantul, Polsek Pleret memberikan pelatihan 12 gerakan pengaturan Lalu lintas kepada sejumlah siswa kelas VIII SMP N 1 Pleret, Jumat (8/9/2017). Lomba PKS sesuai rencana akan berlangsung pada Selasa (12/9/2017) mendatang di Pendopo Parasamya Bantul.

Pada pelatihan tersebut Polsek Pleret menghadirkan Kanit Lantas Polsek Pleret Ipda Moh. Widayadi Sanani bersama Bripka Gunawan dan Brigadir Zulkham sebagai instruktur. Selain memberikan pelatihan pengaturan Lalu lintas, disampaikan pula Tugas, Fungsi dan Peranan PKS, antara lain :

Tugas PKS membantu tugas Patroli dalam menyelenggarakan pengaturan Lalu lintas di jalan raya/umum di sekitar lingkungan sekolah terutama dalam membantu penyeberangan para pelajar di lingkungan sekolah masing-masing pada waktu akan masuk dan pulang sekolah. Ikut serta secara aktif membantu tugas Polisi dalam menyelenggarakan, menciptakan dan memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan intern sekolah masing-masing, sehingga terwujud ketentraman yang dinamis antar siswa-siswi dan guru pengajar guna mendukung proses belajar mengajar.

Fungsi PKS yaitu Segala Usaha kegiatan untuk melindungi dan mengamankan lingkungan intern sekolah guna mendukung proses belajar mengajar. Segala usaha dan kegiatan untuk melindungi dan mengamankan pemakai jalan khususnya para pelajar dengan melakukan pengaturan Lalu lintas. Membantu untuk meniadakan kemacetan/kesemrawutan Lalu lintas serta mencegah terjadinya kecelakaan Lalu lintas di lingkungan sekolah masing-masing.

Peranan PKS  yaitu menanamkan kebiasaan kepada para pelajar untuk mengenal dasar-dasar peraturan Lalu lintas dan bertingkah laku yang baik dan benar di jalan umum maupun di dalam lingkungan sekolah .

Usai melatih PKS, Kanit Lantas menyampaikan harapannya semoga pada Lomba PKS nanti para siswa SMP N 1 Pleret sukses dan mampu menunjukkan penampilan yang terbaik. Disamping itu dengan terbentuknya personil lomba PKS ini akan menjadi tunas bangsa yang berkarakter, tertib, disiplin dan memiliki pengetahuan Lalu lintas serta menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. (Sihumas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 17:35

0 komentar:

CB