Upacara Adat Baritan Sendang Ngembel Beji Wetan Sendangsari Pajangan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:42

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, SH menghadiri acara Upacara adat “Baritan Sendang Ngembel” di Sendang Ngembel dusun Beji Wetan RT 02 Sendangsari Pajangan Bantul, Rabu (6/9/2017 jam 13.00 Wib.

Hadir dalam acara ini Joko Purnomo, SE, MM Anggota DPRD DIY Komisi B, Dodiek Koeswardono, S.Sos Kabid Adat Seni Tradisi Dinas Kebudayaan Kab. Bantul, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, MSi, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T., Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi, Ketua TP.PKK Desa Sendangsari Suprihatin, S. E., Ketua Pokdarwis, tamu undangan, Pamong, Dukuh, toga, tomas, toda dan warga masyarakat Beji Wetan sejumlah ± 700 orang.

Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, S.T yang juga mewakili Panitia dalam sambutannya mengatakan, terima kasih atas bantuan seluruh pihak sehingga acara ini bisa terselenggara dengan baik. Terima kasih kami sampaikan kepada DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM dan Dinas Kebudayaan Bantul yang membantu acara ini. Rintisan kegiatan awal ini di tahun depan untuk terus dilestarikan dan kami harapkan bisa disatukan dengan acara Merti Dusun Beji Wetan sehingga Desa Sendangsari bisa memberikan anggaran.

“Upacara adat Baritan Sendang Ngembel setiap tahun bisa diselenggarakan dan kami harapkan bisa menyatukan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, Pokdarwis dan warga Beji Wetan sehingga Beji Wetan bisa maju dan meningkat kesejahteraannya”, ujarnya.

Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si mengatakan, Upacara adat Baritan Sendang Ngembel merupakan cara untuk menguri-uri (melestarikan) Budaya maupun meningkatkan kunjungan Wisata di Sendang Ngembel, mulai saat ini kami harapkan bisa berjalan terus sehingga bisa meningkatkan perekonomin masyarakat Beji Wetan dan sekitarnya.

Dukungan dari tokoh masyarakat dan Pemerintah dapat memberikan semangat kepada Pokdarwis Sendang Ngembel untuk berkreasi sehingga Wisata Sendang Ngembel bisa bergeliat maju dan menjadi salah satu ikon Wisata di Pajangan. Adat istiadat bisa dikemas dan berkesinambungan dengan potensi Wisata dan bisa dijadikan paket Wisata di Beji Wetan. Untuk itu kami harapkan warga dan Pokdarwis kami harapkan lebih bersatu dan mempunyai inisiatif untuk membuat rencana dan bisa diwujudkan sehingga Wisata Sendang Ngembel bisa maju.

“Air dari Sendang Ngembel merupakan air alami yang tercemar dan oleh masyarakat Beji Wetan maupun daerah sekitarnya bisa dimanfaatkan untuk Padi Organik yang memiliki nilai ekonomis lebih tinggi”, pungkasnya.

Budi Warsito juru kunci Sendang Ngembel mengatakan Upacara adat Baritan ini merupakan acara untuk Merti Sendang Ngembel. Acara dilakukan setiap Tahun tepatnya pertengahan Bulan Dulhijah (15 Dulhijah) dan baru kali ini diangkat menjadi acara Merti Sendang Ngembel yang luar biasa. Kami sampaikan terima kasih kepada DPRD DIY Joko Purnomo, SE, MM yang membantu dalam acara ini, pungkasnya.

Acara Baritan Sendang Ngembel merupakan acara adat untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada  Alloh SWT yang memberikan rahmat adanya Sendang Ngembel bisa membantu pengairan lahan pertanian di Sendang Ngembel maupun daerah sekitarnya . Air dari Sendang Ngembel setiap Tahun mengalir tidak pernah surut dan dimanfaatkan warga masyarakat untuk keperluan lainnya. Acara HUT Desa Sendangsari diadakan Upacara pengambilan air salah satunya dari Sendang Ngembel ini.

Upacara adat diawali dengan kirab gunungan hasil bumi dan pertanian serta jodang. Kirab dikawal oleh Bregodo Prajurit Krebet Bakti Manggala dan Bregodo Prajurit Wanita Krebet Dewi Manggala yang diikuti oleh regodo Ketua RT, PKK dan Pokdarwis Beji Wetan.

Dalam memeriahkan acara Upacara adat Baritan Sendang Ngembel ini dilakukan pementasan tarian Golek Lambang Sari dari Sanggar Pertiwi Krebet yang dimainkan oleh Eni, Wuan dan Desi. Diakhir acara dilakukan pemerntasan Jathilan Kreasi Baru Turonggo Ngesti Budoyo dari Dusun Klatak Gadingsari Sanden Bantul pimpinan Dalimin yang berlangsung selama 2 Babak laki dan perempuan.

Selama kegiatan berlangsung mendapat pengamanan dari Polsek Pajangan, Koramil, Linmas Sendangsari dan panitia kegiatan. Dari awal hingga berakhirnya acara sekira jam 17.00 Wib, acara berlangsung dengan tertib, lancar dan aman kondusif. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:42

0 komentar:

CB