Verifikasi Lapangan Lomba Adi Karya Nusantara Terhadap Lurah Triwidadi Pajangan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:12

Kapolsek Pajangan AKP Suyanto, S.H. diwakili Kanit Binmas Aiptu Samija menghadiri acara Verifikasi lapangan lomba Adi Karya Pangan Nusantara yang diselenggarakan oleh Badan Ketahanan Pangan Dan Penyuluhan DIY terhadap Lurah Desa Triwidadi Slamet Riyanto di Balai Desa Triwidadi Pajangan Bantul, Senin (11/9/2017) jam 09.00 Wib.

Kedatangan tim Verifikasi lapangan yang dipimpin oleh Staf Ahli Presiden Bidang Ketahanan Pangan Sarijo dan beranggotakan Dr. Dodit dari universitas Mercubuana Yogyakarta, Prof. Dr. Agnes Guru Besar UGM dan Ibu Aiantini PKK DIY disambut oleh Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan (DPPKP) Kab. Bantul Ir. Pulung Haryadi, M.Sc, Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si., Ir. Raden Roro Sri Widada, MP Kabid. Ketahanan Pangan DPPKP Kab. Bantul, Danramil 18/Pajangan Kapten Suyadi, Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Koordinator BP3K Kec. Pajangan Petrus Suhartono, SP dan Ketua TP.PKK Desa Triwidadi Zeni Pujiastuti, SP. Acara juga dihadiri oleh Pamong, Dukuh, kelompok tani se Desa Triwidadi Pajangan.

Menurut Lurah Triwidadi Slamet Riyanto, Verifikasi ini untuk kategori Lurah pembina ketahanan pangan. Banyak aspek yang dinilai dalam pemaparan beberapa waktu yang lalu. Pembinaan aspek produksi, distribusi dan konsumsi pangan. Produksi pangan mencakup ketersediaan pangan di Desa Triwidadi, distribisi berupa ketersediaan pangan di pasar dan warung yang ada di Desa Triwidadi, konsumsi mencakup daya beli masyarakat, keberagaman pangan bergizi 4 sehat 5 sempurna, pemberian makanan tambahan untuk posyandu balita dan lansia.

Ir. Pulung Haryadi, M.Sc mengatakan kami memilih Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dari 75 Lurah yang ada di Kab. Bantul dengan berbagai pertimbangan. Tahun ini Desa Triwidadi melakukan pemambahan lahan pertanian menjadi 53 Ha (Hektar). Tanaman Garut dan produksi olahan Garut terkenal di Desa Triwidadi.

Ada beberapa hal yang menonjol dari Lurah Triwidadi Slamet Riyanto dalam usahanya melakukan Ketahanan Pangan. Lomba ini merup metode untuk meningkatkan daya saing dan produktivitas ketahanan Pangan. Kegiatan Lurah Triwidadi tidak direkayasa dan sudah dilakukannya sehari-hari. Kami berharap penilaian bisa seteliti dan seobyektif mungkin, sehingga Lurah kami ini bisa dinilai dengan apa yang sudah dilakukannya. Mohon maaf apabila kami menyambut tim ada kekurangannya, katanya.

Ketua Tim Verifikasi Bpk. Sarijo mengatakan, “yang kami nilai saat ini keterlibatan Pak Lurah dalam program ketahanan pangan di Desa Triwidadi. Verifikasi ini untuk mencocokkan presentadi dari Lurah Triwidadi Slamet Riyanto. Kami akan melakukan Verifikasi dan tanya jawab kepada Kelompok Tani, kelompok Wanita Tani (KWT) maupun ke jajaran Muspika Pajangan. Kita ingin melihat bukti dan keterlibatan Lurah selama ini di lapangan dalam usaha ketahanan pangan di desanya.” Pungkasnya.

Tim seanjutnya melakukan Verifikasi berupa penilaian administrasi, hasil olahan dan produksi, wawancara langsung ke Kelompok Tani maupun ke Lurah Triwidadi dan Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan Dan Kehutanan (BP3K) Kec. Pajangan.

Setelah dilakukan verifikasi tim menyampaikan pesan dan kesannya. Dalam pesan dan kesannya Bpk. Sarijo mengatakan, penilaian ini bisa ke tingkat yang lebih tinggi dan perlu dukungan semua pihak. Usaha ketahanan pangan perlu adanya kebersamaan dan dukungan dari seluruh pihak, Petani, warga masyarakat maupun Pemerintah. Perlu adanya Program kongkrit dana Desa untuk usaha Ketahanan Pangan dengan memperhatikan keseimbangan penggunaan dana Desa untuk pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan masyarakat, pungkasnya.

Sambutan Camat Pajangan Yulius Suharta, S.Sos, M.Si dalam kesempatan ini menyampaikan terima kasih atas masukan dari tim verifikasi untuk perbaikan kami dalam verifikasi selanjutnya. Pemerintah Kec. Pajangan, Desa Triwidadi dan  Kelompok tani masih semangat untuk program ketahanan pangan ini terbukti mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir nanti.

“Lurah Triwidadi merupakan pendorong ketahanan pangan di Desa Triwidadi dan disambut baik serta didukung masyarakat Triwidadi sehingga Desa Triwidadi mampu dalam usaha ketahanan pangan. Semoga dengan verifikasi ini, ketahanan pangan di Desa Triwidadi maupun Kec. Pajangan dapat terus meningkat,” ujarnya.

Acara diakhiri dengan tinjauan lapangan ke Kelompok Wanita Tani “Sumber Rejeki” untuk mengecek produksi dan pengolahan Emping Garut di rumah Kepala Dukuh Kadireso Bpk. Suyadi Dusun Kadireso RT 07 Triwidadi Pajangan Bantul. Selama verifikasi dan kunjungan lapangan tim nilai verifikasi lomba Adi Karya Pangan Nusantara mendapat pengamanan dari Polsek Pajangan maupun Koramil 18/Pajangan. (Sihumas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:12

0 komentar:

CB