Kapolsek Pandak Menghadiri Penutupan Merti Kali Bedok Di Dusun Siangan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 20:21

Kapolsek Pandak menghadiri upacara penutupan Merti Kali Bedog tahun 2017 di Dusun Siangan Rt 01, Triharjo, Pandak, Bantul, Sabtu (23/12/2017) jam 15.00 Wib. Acara ini mengambil tema "Selamatkan Bedog Dengan Tanganmu Berbasis Kearifan Lokal" diselenggarakan oleh Komunitas Payung Hijau yang diketuai Ong Hari Wahyu bekerjasama dengan karang taruna dan warga dusun Siangan.

Hadir dalam acara tersebut, Dinas Pariwisata bapak Joko Wintolo,Dinas kebudayaan Bpk Sunarto SH.MM,Forkom desa wisata Bantul bapak Daud, Kapolsek Pandak AKP Amir Machmud, Danramil Pandak diwakili Sertu Agus, Bhabinkamtibmas Desa Triharjo Bripka Subawa, tamu undangan warga Ngentak Mangir dan ratusanm warga Siangan.

Acara dibuka dengan pertunjukan kesenian Gejog Lesung yang melantunkan lagu-lagu jawa dan kesenian reog. Selanjutnya sambutan dari ketua Komunitas Payung Hijau Ong Hari Wahyu yang menjelaskan bahwa acara merti kali/Bersih sungai bedok ini sudah dilaksanakan pada awal April 2017 dimulai dari Hulu sungai Bedog di Pulesari Sleman dan ditutup sampai hilir di Dusun Siangan ini.

Acara ini bertujuan untuk mewujudkan sungai yang bersih, bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan untuk pariwisata. Ong juga mengucapkan terimakasih kepada warga yang telah berpartisipasi dalam acara merti kali Bedog ini.

Kepala Dinas Kebudayaan Sunarto SH.,MM juga mengucapkan sleamat kepada panita yang telah berhasil menyelenggarakan merti kali ini semoga merti kali ini tidak hanya di sungaj Bedog saja. Semoga sungai lainnya juga bisa mengadakan bersih sungai seperti ini.

Merti kali ini sangat bagus karena untuk menjaga kelastarian dari sungai, agar anak cucu kita bisa menikmati keindahan dari sungai bedog ini. Serta Kebudayaan Gejlok Lesung dan Reog merupakan kearifan lokal yang harus selalu dilestarikan.

Acara dilanjutkan dengan doa bersama agar masyarakat disekitar kali bedog selalu dilindungi dan dijauhkan dari bencana. Acara ditutup dengan melabuh hasil bumi sebagai tanda rasa syukur atas keberhasilan membersihkan kali bedog ini.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pandak melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Pandak)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 20:21

0 komentar:

CB