Toleransi Dalam Islam Bukanlah Untuk Saling Melebur Dalam Keyakinan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 12:41

Selasa, 26 Desember 2017 pukul 09.30 wib bertempat di Masjid Al Barokah Manding Trirenggo Bantul berlangsung kegiatan pembinaan Kaum Rois Se Desa Trirenggo Bantul.

Kegiatan dilaksanakan dalam rangka mempererat silaturahmi sekaligus menambah wawasan kaum Rois dihadiri oleh Unsur Muspika Bantul, Pamong Desa Trirenggo Bantul, bapak KH  Muslih dan seluruh Kaum Rois se Desa Trirenggo Bantul.

Acara diawali dengan tahlilan dan doa bersama kemudian dilanjutkan dengan sambutan Kanit Binmas Polsek Bantul AKP Lukman Royatno yang menyampaikan akan pentingnya rasa toleransi antar umat beragama dan menjaga kerukunan di masyarakat.

Sedangkan KH Muklis dalam tausiahnya menyampaikan Toleransi dalam Islam adalah otentik. Artinya tidak asing lagi dan bahkan mengeksistensi sejak Islam itu ada. Karena sifatnya yang organik, maka toleransi di dalam Islam hanyalah persoalan implementasi dan komitmen untuk mempraktikkannya secara konsisten.

Namun, toleransi beragama menurut Islam bukanlah untuk saling melebur dalam keyakinan. Bukan pula untuk saling bertukar keyakinan di antara kelompok-kelompok agama yang berbeda itu. Toleransi di sini adalah dalam pengertian mu’amalah (interaksi sosial). Jadi, ada batas-batas bersama yang boleh dan tak boleh dilanggar. Inilah esensi toleransi di mana masing-masing pihak untuk mengendalikan diri dan menyediakan ruang untuk saling menghormati keunikannya masing-masing tanpa merasa terancam keyakinan maupun hak-haknya.

Syari’ah telah menjamin bahwa tidak ada paksaan dalam agama. Karena pemaksaan kehendak kepada orang lain untuk mengikuti agama kita adalah sikap a historis, yang tidak ada dasar dan contohnya di dalam sejarah Islam awal. Justru dengan sikap toleran yang amat indah inilah, sejarah peradaban Islam telah menghasilkan kegemilangan sehingga dicatat dalam tinta emas oleh sejarah peradaban dunia hingga hari ini dan insyaallah di masa depan. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 12:41

0 komentar:

CB