Pengarahan dan Audiensi Anggota BPD Se-Kabupaten Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:43

Bertempat di Pendopo Manggala Parasamya Kabupaten Bantul diselenggarakan acara Pengarahan dan Audiensi Camat, Lurah dan Anggota BPD Periode 2018-2024 dengan Bupati Bantul Drs. H. Suharsono. Senin (8/1).

Menurut laporan penyelenggara Jazim Azis, SH selaku Kepala Bagian Administrasi Desa Kabupaten Bantul mengatakan, beberapa waktu yang lalu sudah dilaksanakan peresmian anggota BPD se Kabupaten Bantul yang dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2018 secara serentak.

Undang-undang Desa mengamanatkan akan dibentuknya sebagai Desa mandiri dengan sumber daya manusia (sdm) yang profesional, oleh karena itu seluruh lembaga dan juga termasuk sdmnya Perangkat Desa harus bisa selalu mengikuti dinamika yang berkembang, anggota BPD dan Lurah harus selalu bisa memahami peraturan yang ada yang kadang berubah.

" Kita ketahui Desa ini yang mengatur ada Kementrian Dalam Negeri dan Kementrian Desa, harus bisa memahami, memotivasi dan memfasilitasi seluruh kepentingan dan keinginan masyarakat, harus bisa menerima aspirasi masyarakat selagi aspirasi tersebut positif, edukatif dan juga harus selalu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, " ujarnya.

Dalam sambutan pengarahan Bupati Bantul mengajak kepada kita semua untuk bersatu padu, bahu membahu, membangun kebersamaan dan gotong-royong serta menegaskan komitmen dan nawaitu kita untuk bersama sama membangun Kabupaten Bantul yang diawali dari Desa masing-masing.

" Saya melihat BPD adalah pilar utama untuk sebuah kemajuan dan kesejahteraan suatu Desa karena BPD memiliki posisi yang strategis dalam penyelengaraan Pemerintahan Desa dalam menjawab kebutuhan masyarakat sesuai dengan situasi dan kondisi masyarakat Desa setempat, " tegasnya.

Lurah Desa dan Anggota BPD sebagai penyelenggara Pemerintahan Desa merupakan bagian intergral dari Pemda Bantul dalam mensukseskan visi Daerah/Bupati yaitu menjadikan Bantul yang sehat, cerdas dan sejahtera. Sejalan dengan hal tersebut kiranya perlu saya sampaikan mari bersama-sama kita kuatkan kembali komitmen kita "Makaryo Mbangun Deso". Ini adalah semangat kerja Kabupaten Bantul/Jargon dalam kepemimpinan. Pembangunan Desa dilakukan dengan memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam Desa, sehingga Desa bisa berkembang maju sesuai dengan Potensi Desa.

Lebih lanjut Bupati juga berpesan bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara-saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, setiap anggota BPD harus mampu membaca kepentingan-kepentingan masyarakatnya serta potensi Desa yang dimiliki dan sensitif serta responsif terhadap peluang dan tantangan di lapangan.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:43

0 komentar:

CB