Peringati Hari Gizi Nasional Ke-58, Pemkab Bantul Gelar Konseling Massal

Posted by Humas Polresbantuldiy on 02:30

Guna mewujudkan kemandirian keluarga dalam 1000 hari pertama kehidupan (MPK) dan untuk pencegahan stunting atau kondisi dimana seorang anak memiliki tinggi badan lebih rendah dari pada usianya. Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menggandeng warga Karangtalun Imogiri melaksanakan Konseling Massal Petumbuhan Anak. Bertempat di Aula Desa Karangtalun, Imogiri. Selasa (30/1/2018).

Menurut Wakil Direktur RSUD Panembahan Senopati Agus Budiharjo menyampaikan, kasus stunting di Indonesia cukup tinggi, bahkan hingga 37 % anak dinyatakan menderita stunting. "ini bukan jumlah yang sedikit, hal ini terjadi semata mata kurangnya asupan gizi," kata Agus.

Lebih lanjut Agus mengatakan, untuk menhindari stunting asupan gizi ibu hamil sangat penting. Makanan selama masa kehamilan, dapat mempengarui fungsi memori. Tidak hanya itu, bahkan pada konsentrasi, pengambilan keputusan intelektual/mood dan emosi anak dikemudian hari.

Untuk itu kebutuhan gizi bayi sangat penting diperhatikan baik dalam kandungan, bahkan hingga anak berusia 2 tahun. Jika tidak terpenuhi asupan nutrisinya berdampak perkembangan pada anak akan permanen, mereka akan mengalami kekuranagn gizi pada 1000 hari pertama kehidupan serta mempunyai beberapa risiko penyakit menular, mengalami hambatan pertumbuhan daya nalar hingga gangguan pertumbuhan tinggi badan.

Dalam sambutanya Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih menegaskan, bahwa kegiatan ini diharapkan dapat menyadarkan pentingnya kebutuhan gizi yang mempengaruhi kecerdasan dan kesehatan. Terkait stunting, bupati juga menghimbau para ibu hamil untuk mengikuti semua aturan terutama asupan ragam gizi seimbang dan menghindari stress untuk psikologi.

"Pencegahan stunting yang kita usung sebagai tema dalam Peringatan Hari Gizi Nasional ke-58 kali ini, kita harapkan dapat menjadi perhatian khususnya bagi para ibu hamil agar selalu memperhatikan asupan gizi dan menghindari stress. Dukungan keluarga akan sangat berdampak pada tumbuh kembang bayi dan kesehatan ibu," imbuh Wakil Bupati Bantul.

Ada tiga langkah sederhana untuk mencegah stunting pada anak. Yang pertama adalah memperhatikan asupan gizi yang cukup dan baik untuk ibu hamil dan menyusui. Selanjutnya memberikan nutrisi yang baik pada anak dan juga tetap memberikan ASI eksklusif minimal 6 bulan. Membiasakan pola hidup yang sehat seperti yang terkecil misalnya saja mencuci tangan pakai sabun. Senantiasa membersihkan lingkungan dan menjaga sanitasi selalu bersih.

Selama kegiatan berlangsung Ps Panit Binmas Polsek Imogiri Ipda Suswanto bersama anggota lainya melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Sihumas Polsek Imogiri)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:30

0 komentar:

CB