Antisipasi Difteri, Rumkit Bhayangkara Lakukan Vaksinasi Anggota Polres Bantul

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:16

Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY memberikan vaksin difteri kepada anggota Polri dan PNS Polres Bantul, Selasa (20/2/2018). Kegiatan dipimpin oleh Kasubbidyanmeddokpol Rumah Sakit Bhayangkara Polda DIY Fine Anisa Handayati S.Farm APT.

Paurkes Bag Sumda Polres Bantul Ida Wahyuningsih A.Md.Kep yang mendampingi selama kegiatan berlangsung mengatakan, pemberian vaksin difteri kepada anggota Polri dan PNS ini dilakukan sebagai upaya untuk membentuk sistem kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit difteri di masa yang akan datang.

Menurutnya, penyakit difteri adalah salah satu penyakit berbahaya yang dapat mengancam keselamatan jiwa penderitanya. Ketika muncul, difteri bisa dengan sangat cepat menyebar dan mewabah karena sifatnya yang mudah menular.

“Selain itu, juga untuk menumbuhkan kesadaran bahwa mencegah difteri itu lebih mudah daripada mengobatinya,” ujarnya.

Selain vaksinasi difteri, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut (dental fitnes). Dijelaskan Ida, tujuan dari pemeriksaan ini adalah untuk mengecek kesehatan  gigi dan mulut personel Polri. Harapannya, jika ada personel Polri yang gigi dan mulutnya mengalami sakit atau gangguan kesehatan lainnya, dapat segera dilakukan tindakan medis lanjutan.

Ida Wahyuningsih juga menambahkan, dalam kesempatan tersebut, petugas juga melakukan pemeriksaan terhadap rumus odontogram gigi anggota Polri dan PNS Polres Bantul. Dimana hasilnya nanti akan digunakan sebagai data base bagi Pusdokkes Polri.

“Jadi identifikasi odontogram gigi ini berguna apabila suatu saat anggota Polri dan PNS Polres Bantul tersebut meninggal dunia karena sesuatu hal tanpa membawa identitas, maka akan bisa diidentifikasi melalui data odontogram gigi ini,” pungkasnya. (Humas Polres Bantul)



Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:16

0 komentar:

CB