Basarnas Yogyakarta Laksanakan Pelatihan Bidang Water Rescue

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:55

Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta mengadakan pelatihan di Bidang Water Rescue bagi Potensi SAR se-Daerah Istimewa Yogyakarta, dimulai dari 12-15 Februari 2018.

Pembukaan yang dilaksanakan di Pendopo Kantor Basarnas Yogyakarta dihadiri oleh TNI, POLRI, BPBD, PMI, instansi pemerintah dan komunitas SAR di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kegiatan pelatihan Potensi Bidang Water Rescue 2018 ini dibuka oleh Supriono, Kepala Kantor Pencarian dan pertolongan (Basarnas) Yogyakarta.

Supriono dalam sambutannya menyampaikan, Pelatihan Potensi Sar di bidang air ini adalah program kerja Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta untuk memberikan pengetahuan kepada Potensi SAR di wilayah kerja Kantor Basarnas Yogyakarta.

"Tujuan pelatihan ini untuk membekali pengetahuan Kepada Potensi SAR saat melaksanakan Operasi SAR di air seperti dan orang terseret ombak di pantai dan orang tenggelam di sungai agar Potensi SAR mengetahui SOP dan safety saat melaksanakan operasi SAR di air," kata Supriono.

Pelatihan ini akan dilaksanakan selama 4 hari dan akan dilaksanakan di Waduk sermo Kabupaten Kulonprogo.

Peserta pelatihan berjumlah 50 orang dari berbagai unsur seperti TNI, Polri dan Komunitas Relawan SAR di seluruh Yogyakarta.

Selama 4 hari ke depan, para peserta pelatihan akan didampingi oleh para instruktur dari kantor Pencarian dan pertolongan (BASARNAS) Yogyakarta.

Selain mendapatkan materi pertolongan di air para peserta juga akan mendapatkan materi MFR (Medical First Responder) atau medis dasar.

"Harapannya, dari pelatihan ini para peserta dapat mengaplikasikan apa yang sudah didapat dari pelatihan ini di medan operasi khususnya di wilayah Yogyakarta," ujarnya.

Selain itu, dari pelatihan ini ke depan dapat mempererat kerjasama dan kordinasi antara Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Yogyakarta dengan potensi SAR di Daerah istimewa Yogyakarta. (Sihumas Polsek Sedayu)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:55

0 komentar:

CB