Dusun Mayungan Sebagai Sampel Dusun Pengelolaan Sampah

Posted by Humas Polresbantuldiy on 14:07

Desa Murtigading mewakili Kecamatan Sanden maju dalam Lomba Kebersihan Lingkungan Tingkat Kabupaten Bantul dan Dusun Mayungan sebagai sampel Dusun Pengelolaan Sampah. Evaluasi dilakukan oleh Tim Tingkat Kabupaten Bantul. Kedatangan Tim Evaluasi diterima oleh Lurah Desa Murtigading, Drs. Sutrisno di Pendopo Balai Desa Murtigading, Senin, (12/02/2018) pukul 09.30 WIB.

Tim Evaluasi Tingkat Kabupaten Bantul terdiri dari DLH, Polres Bantul, BAPPEDA, Kodim, TP PKK, DPU, Dinkes, Disdikpora, Dinas Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Perhubungan, Satpol PP, JPSM Bantul dengan Ketua Tim drh. Agus Rachmad Susanto.

Lurah Desa Murtigading, Drs. Sutrisno dalam sambutannya menyampaikan selamat datang kepada Tim Evaluasi Lomba Kebersihan Tingkat Kabupaten Bantul di Desa Murtigading. Dalam hal pemgelolaan sampah, Desa Murtigading, telah melakukan sosialisasi sejak dini, berawal dari pembuangan sampah ke sungai menjadi pengolahan sampah sendiri, kata Drs. Sutrisno.

Dalam menyongsong Tahun 2019 bersih sampah, Desa Murtigading telah mengadakan program MBS (Murtigading Bersih Sampah) yang telah berjalan sejak Tahun 2017. Adapun program kerja antara lain, Sosialisasi, Fasilitasi, Partisipasi, dan Monetisasi. Dalam giat Desa Murtigading bersih sampah dilakukan setiap bulannya dan mendirikan Bank Sampah untuk dapat diolah menjadi pendapatan masyarakat sendiri, lanjutnya.

Sambutan itu, Ketua Tim Evaluasi drh. Agus Rachmad Susanto menyampaikan bahwa pengelolaaan sampah bukan hanya tugas ibu ibu, namun tugas kita bersama agar manfaat yang positif dapat kita rasakan bersama. Jangan sampai alam menunjukkan potensi kerusakan seperti pohon tumbang, banjir, dan tanah longsor. Salah satu terobosan yang dilakukan yaitu membentuk Bank sampah sebagai langkah awal untuk Kab. Bantul bersih sampah tahun 2019, katanya.

Kegiatan lomba kebersihan ini bukan mencari juara ataupun pemenang, namun untuk membangun kesadaran masyarakat bahwa kebersihan menjadi tanggung jawab kita bersama. Tim evaluasi berharap agar Pemerintah Desa Murtigading menganggarkan dana desa untuk masalah pengelolaan sampah, ungkapnya.

Selanjutnya Tim Evaluasi yang terdiri dari 13 orang menuju ke Dusun Mayungan guna melaksanakan penilaian dengan melihat secara langsung kebersihan lingkungan maupun pengelolaan sampah.

Kegiatan ini dihadiri Sekcam, Kasi Pemerintahan, Danramil, Kanit Sabhara Polsek Sanden Aiptu Sumpana mewakili Kapolsek Sanden, Kepala KUA Sanden, Kepala Puskesmas, Ketua UPT PPK Sanden, Lurah Desa Murtigading, Bhabinkamtibmas Desa Murtigading Aiptu Sabari, Babinsa, Ketua LPMD, ketua TP PKK, Dukuh se-Desa Murtigading, perwakilan pokmas serta tamu undangan. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 14:07

0 komentar:

CB