Himbauan Kepada Para Biker's Di Perjalanan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 00:47

Dihimbau kepada para Biker’s harus hati-hati jika melakukan perjalanan di jalan yang sepi dalam keadaan seorang diri, karena tidak menutup kemungkinan kejahatan tersebut tertuju kepada anda.

Kasubbag Humas Polres Bantul AKP Sulistyaningsih mengatakan, motif kejahatan begal sering melakukan kejahatannya di jalanan yang gelap atau sepi dan jauh dari permukiman. “Mereka, biasanya, beraksi malam hari, memanfaatkan pengendara yang lelah serta dalam lingkungan sepi. Karenanya, lebih baik berkendara berdua atau minimal mengikuti kendaraan yang melintas di jalur yang sama,” katanya.

Himbauan penting untuk para bikers !!!

1. Berdoa, Taati tatatertib lalulintas, utamakan keselamatan tidak ngebut dan terpancing dengan pengendara lain. Tetap sabar, mengendalikan diri dan hindari konflik, serta tidak terpancing dengan klub motor - motor lain yang mengarah ke negatif, Jagalah nama baik klub masing - masing dengan kegiatan positif agar dapat simpati dari masyarakat.

2. Tidak melewati jalan-jalan yang sangat sepi. Dan usahakan Anda tidak melaju seorang diri. Maksudnya adalah, coba Anda mendekati pengemudi motor/mobil lainnya, sehingga seolah Anda nampak dalam sebuah rombongan.

3. Pastikan spion anda terpasang dan berfungsi dengan baik ,lihat apakah selama anda riding ada yang mengikuti dan cenderung menempel posisi riding anda. Bilamana itu terjadi dan anda merasa curiga, paculah kendaraan anda segera untuk mencari keramaian warga ( warung/ pos hansip /pos RT/RW ) atau kantor polisi terdekat.

4. Bilamana menemukan ada motor tergeletak jatuh ( indikasi laka lantas ) atau ada wanita yang kelihatannya sedang mengalami pertengkaran dengan pasangan , jangan langsung buru" inisiatif untuk merapat menepi. Pastikan lokasi tidak terpencil dan gelap, apabila YA. Tunggu dan minta bantuan beberapa pengendara lain untuk bersama-sama membantu dan pastikan lihat situasi sekitar terhadap potensial ancaman , kalau anda ragu silahkan lanjutkan perjalanan dan laporkan kejadian ke polisi terdekat

5. Modus Ranmor / Curas / Curat di jalan
- Tabrak Belakang
- Sabet sajam Langsung dari Belakang dan samping
- Pura" kecelakaan dan berkelahi
- Menuduh tabrak lari
- Jebakan batu/kayu dijalan ( ini yg bahaya )
- Jebakan sling/tali ( Bahaya !! )
- Todong langsung dengan senpi

Semua itu beberapa modus yang sedang trend pada begal jalanan, kita sebagai pengendara motor harus berusaha untuk menjaga keselamatan diri kita masing" dan rekan" yang lain dijalan..tapi safety itu dimulai dari kewaspadaan kita terhadap situasi dijalan, Semoga himbauan ini dapat menjadi masukan berarti untuk teman" semua...semoga bermanfaat.


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 00:47

0 komentar:

CB