Lomba Kebersihan Di Desa Murtigading Dan Desa Gadingsari

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:50

Hari kedua Lomba Kebersihan Tingkat Kecamatan Sanden Tahun 2018 dilaksanakan di wilayah Desa Murtigading dan Desa Gadingsari, Rabu (31/01/2018) jam 10.00 WIB.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari surat Bupati Nomor: 660/05558/BLH tanggal 8 Desember 2017 serta hasil rapat koordinasi pada tanggal 23 Januari 2018 di Kecamatan Sanden. Lomba kebersihan dilakukan dalam rangka Bantul bersih sampah tahun 2019 dan sukses Adipura tahun 2018.

Adapun yuri berasal dari dinas instansi,, diantaranya Aiptu Sumpana dari Polsek Sanden, Danramil Sanden, Sat Pol Air, Danposal Samas, Kepala KUA kec. Sanden, Kepala Puskesmas kec. Sanden, Ketua TP-PPK kec. Sanden, Ka UPT Pendidikan kec. Sanden, Ketua JPSM Kec. Sanden, Kasi Trantib Kec. Sanden.

Lurah Desa Murtigading Drs. Sutrisno menjelaskan bahwa dalam rangka menyongsong Bantul bersih sampah tahun 2019, Pemdes Murtigading telah mengadakan program MBS (Murtigading Bersih Sampah) yang telah berjalan sejak tahun 2017. Adapun program kerjanya antara lain, Sosialisasi, Fasilitasi, Partisipasi, dan Monetisasi. Dalam giat Desa Murtigading bersih sampah dilakukan setiap bulannya dan mendirikan Bank Sampah untuk dapat diolah menjadi pendapatan masyarakat sendiri, ujar Drs. Sutrisno.

Sementara itu, Camat Sanden berharap agar dalam kebersihan dilaksanakan setiap hari dengan tujuan tidak menimbulkan kerepotan maupun bau yang menyengat akan adanya sampah tersebut.

Setelah pemaparan, tim evaluasi langsung bergerak ke Dusun Percontohan, untuk Desa Murtigading di Dusun Mayungan 1 sedangkan Desa Gadingsari di Dusun Bantulan.

Indikator penilaian lomba meliputi Kebersihan Jalan Desa, Kebersihan Kantor/Dusun, Pemilahan sampah di kantor / skala individu, Penghijauan, Kebersihan sungai, Keindahan Kantor / Rumah Warga serta Rumah pilah sampah baik di Dusun / Desa.

Dari empat desa yang dinilai, nanti yang terbaik akan mewakili Kecamatan Sanden maju dalam lomba kebersihan Tingkat Kabupaten Bantul. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:50

0 komentar:

CB