Pelaksanaan Kegiatan Inovasi Kecamatan Jetis “Galamatra”

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:11

Personil Polsek Jetis, TNI dan segenab ASN melaksanakan kerja bakti penggarapan lahan pekarangan sebagai  implementasi dari Program Inovasi Kecamatan Jetis “GALAMATRA”  (Garap Lahan Masyarakat Sejahtera) di Pekarangan komplek Kantor Camat  Jetis, Selasa, 13 Februari 2018.

Dalam kegiatan tersebut  Camat Jetis, Dra. Endang Rachmawati, MM mendapat  dukungan  dari Kodim 0279 Bantul  berupa bantuan  1 buah  alat berat beckhoe dan operator, Danramil Jetis dan Kapolsek Jetis beserta personil. Kegiatan ini berlangsung dari jam 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB

Sebagai salah satu dari lima program inovasi Kecamatan Jetis “GALAMATRA”  telah dilaunching pada  bulan November 2017 lalu.  Adapun lahan  yang berada di Komplek Kecamatan ini rencana akan dijadikan sebagai model percontohan program Galamatra bagi masyarakat Kecamatan Jetis.

Harapannya dengan proyek percontohan ini masyarakat bisa tergerak untuk  kreatif memanfaatkan lahan pekarangan, tegalan, dan halaman rumah yang selama ini masih terbengkelai  untuk  kegiatan yang produktif seperti menanam tanaman buah-buahan, tanaman obat keluraga (TOGA), tanaman sayur-sayuran, apotik hidup, kolam budidaya ikan dan lain sebagainya.

Berkenaan dengan Hasil produksi dari kegiatan GALAMATRA ini bagi masyarakat dapat  untuk, dikonsumsi sebagai penambah gizi keluarga  atau untuk menambah income keluarga dengan menjual ke pasar atau  sebagaimana di Dusun Kiringan Canden  yang  merupakan sentra produksi jamu gendong membutuhkan bahan baku berupa empon-empon.  Kebutuhan bahan baku jamu gendong produksi Dusun Kiringan  selama ini kebanyakan masih didatangkan dari luar Kecamatan Jetis. Alangkah bagusnya apabila dari hasil Produksi “GALAMATRA” Jetis ini bisa digunakan  untuk mensuplai kebutuhan bahan produksi jamu gendong Dusun Kiringan yang jumlahnya besar. (Sihumas Polsek Jetis)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:11

0 komentar:

CB