Pengamanan Pameran Sketsa Lubis Di Taman Tinosidin

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:54

Anggotan Polsek Kasihan dipimpin Panit Lantas Ipda Alfan Sukroni melaksanakan Pengamanan  Pembukaan Pameran Sketsa Batara Lubis  Art Gellery & Taman Tinosidin,  di  Museum Taman Tinosidin, Jl. Tinosidin No. 297, Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Jumat (16/2/2018) sore

Romo Dr. GP Sindhunata, S.J. menjadi satu di antara tiga orang yang secara simbolis meresmikan dibukanya pameran seni Batara Lubis di Musium Tino Sidin. Di mata Romo Sindhunata, seniman Batara Lubis merupakan sosok yang menarik karena berani keluar dari zona nyaman. "Ia putra Gubernur. Orang yang sangat berada. Namun berani meninggalkan kenyamanan hidup dari pilihannya menjadi seniman," ujarnya, saat melihat-lihat hasil karya Batara Lubis.

Menurutnya, Batara Lubis merupakan sosok yang begitu akrab dengan kesederhanaan. Semua itu tampak terlihat dari lukisan dan sketsa ciptaanya yang diambil dari kehidupan sehari-hari rakyat kecil di Yogyakarta. "Terasa kesederhanaanya, ia melukiskan kehidupan sehari hari rakyat kecil di Jogja," tuturnya.

Romo Sindhunata menilai, dengan dibukanya pameran sketsa Batara Lubis ini bisa menjadi dokumentasi sejarah dan bahan perenungan bersama. "Namun, bukan berarti kita harus kembali kesana, tapi ini kenangan. Dan menjadi inspirasi, akan bergerak kemana kita dalam menghidupkan kebudayaan," terangnya.

Secara pribadi, Romo Sindhunata sendiri menceritakan, hubungan ia dengan Batara Lubis terjalin ketika dirinya masih aktif menjadi wartawan. Kala itu, ia ditugaskan untuk meliput acara diskusi seniman yang didalamnya terdapat sang Maestro Seni, Affandi dan Batara Lubis. "Saat itu saya masih wartawan. Saya liputan diskusi seni, ada Affandi dan Batara Lubis, itu kenangan saya sama beliau,"ungkap Romo Sindhunata.

Diakuinya, selain akrab dengan kesederhanaan, Batara Lubis di mata Romo Sindhunata juga merupakan seniman yang mencintai tradisi. "Seniman memang harus mencintai tradisi. Dan ia (Batara Lubis), seniman yang sangat mencintai tradisi," pungkasnya.

Diceritakan sebelumnya, Galleri Batara Lubis dibuka dan dipamerkan untuk umum. Dibuka mulai jumat, 16 Februari hingga 2 Maret 2018.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Romo Dr.GP Sindhunata, SJ., Prof. Dr. M Dwi Marianto, MFA. Ph.D., Joko Pekik, Bhabinkamtibmas Desa Ngestiharjo Bripka Budi Sunaryo, SH., Panit Lantas Polsek Kaaihan Ipda Alfan Sukroni, Pamong Desa Ngestiharjo, Pengurus Taman Tinosidin, Tamu Undangan dan pengunjung. (Sihumas Polsek Kasihan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:54

0 komentar:

CB