Sosialisasi Jumantik Di Aula Puskesmas Bantul 1

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:32

Bhabinkamtibmas desa Bantul Bripka Winardi  hadiri kegiatan sosialisasi Jumantik (Juru Pemantau Jentik) di aula Puskesmas Bantul 1 Sumuran Palbapang Bantul, Kamis ,15/02/2018 pukul 09.30 WIB.

Adapun untuk Audien dari perwakilan Dusun Gempolan wetan dan Gaten Niten Trirenggo Bantul. Kegiatan dihadiri oleh Ibu Saryati selaku Ibu Lurah Trirenggo Bantul, dr AlFitri dari Puskesmas Bantul 1, peserta sosilisasi yang berjumlah 30 peserta.

Dalam sambutannya Ibu Saryati selaku Ibu Lurah Trirenggo yang menyampaikan  selamat datang kepada seluruh peserta sosialisasi Jumantik di Puskesmas Bantul 1, pada kesempatan ini dusun Gempolan wetan dan Gaten Niten Trirenggo akan menerima sosilisasi Jumantik.

Sebagai narasumber Ibu dr Alfitri dari Puskesmas Bantul 1 yang menyampaikan masalah DBD yaitu, Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti , yang tanda dan gejalanya demam tinggi yang disertai nyeri kepala, ulu hati,  belakang bola mata, nyeri sendi dan otot, tidak mau makan, susah buang air besar (BAB) mual dan nyeri tenggorokan.

Pertolongan pertama pada penderita DBD adalah dengan memberikan minum 4-6 gelas per hari, larutan oralit, beri obat penurun demam, kompres dengan air hangat dan bawa segera ke Puskesmas/ klinik terdekat.

Adapun ciri-ciri nyamuk aedes aegypti adalah nyamuk berwarna hitam bintik-bintik putih di badan dan kakinya, biasanya menggigit pada pagi dan sore hari dan nyamuk hidup didalam rumah atau sekitar terutama yang agak gelap, lembap dan kurang sinar matahari.

Tempat perkembangbiakan nyamuk ini biasanya pada drum, kaleng bekas, botol bekas, ban bekas yang pada musim hujan terisi air, kolam ikan yang sudah tidak difungsikan lagi

Cara pencegahan penyakit DBD yaitu dengan cara memperhatikan dan membersihkan tempat perkembang biakan nyamuk aedes aegypti dengan cara Pemberantasa Sarang Nyamuk (PSN) dan 3M (mengubur, menguras dan menutup) semua penampuangan air. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:32

0 komentar:

CB