Sosialisasi PTSL Desa Parangtritis

Posted by Humas Polresbantuldiy on 02:00

Bhabinkamtibmas Desa Parangtritis Aiptu Sukarso mengikuti sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di balai desa Parangtritis, Kretek. Selasa (6/2/2018) pukul 13.00 Wib.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Wakil Ketua Yuridis BPN Kab. Bantul Esti Susanti, Sekdes Desa Parangtritis Wursidi mewakili lurah desa, Kasi pemerintahan Karjana, Kepala dukuh beserta Pokmas sedesa Parangtritis.

PTSL ini diprakarsai oleh Kementrian agraria dan tata ruang Badan nasional kantor pertanahan Kab. Bantul.

Wakil Ketua Yuridis BPN Kab. Bantul Esti Susanti mengatakan bahwa pendataan tanah yang pertama kali ini dengan obyek semua tanah yang berada di satu wilayah desa.

Adapun pendaftaran dilakukan secara serentak baik yang sudah bersertifikat maupun yang belum bersertifikat, sehingga bisa di petakan secara serentak.

Saat ini diwilayah desa telah ada dua sertifikat yaitu lama dan baru,agar lebih tertib dalam Penyertifikatan maka semuanya tetap diukur untuk pemetaan. Sedangkan desa Parangtritis pada urutan Tim 5 yang diketuai oleh Suwarjono.

Saat ini sudah dimulai tahapan pemberkasan untuk itu perlunya partisipasi masyarakat dalam bentuk pendataan awal yang bisa membuktikan bahwa tanahnya sudah atau belum bersertifikat. Disamping itu perlu adanya Peta kerja yang di dukung oleh dukuh dan RT setempat.

Setelah bisa menentukan batas tanah yang sudah diberi tanda langkah selanjutnya diserakan petugas Yuridis untuk pemberkasan yang selanjutnya diserahkan kepada  pokmas yang telah dibentuk sebelumnya, pungkasnya.

Aiptu Sukarso dalam kesempatannya memberikan saran dan himbauan kepada petugas yang tergabung dalam pokmas beserta tim lima agar lebih jeli,hati-hati dan teliti agar tidak timbul permasalahan,usahakan seluruh yang berhak atas tanah hadir,sehingga jika ada permasakahan sekecilpun dapat segera ditindaklanjuti, tutupnya. (Sihumas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 02:00

0 komentar:

CB