Sosialisasi Tugas PKS Dan Bahaya Narkoba Di SD Grogol

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:34

Polsek Bambanglipuro kembali menggiatkan peran Patroli Keamanan Sekolah (PKS) di sekolah- sekolah. PKS merupakan perpanjangan tangan Polisi dalam menjaga keamanan dan ketertiban disetiap sekolah.

Untuk itu hari ini Kamis (1/2/2018) pagi Kanit Binmas Polsek Bambanglipuro Iptu Sugiono didampingi Bhabinkamtibmas Mulyodadi Aipda Sukaryadi mengadakan penyuluhan tentang Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dan bahaya Narkoba di SD Grogol Bambanglipuro. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah, guru dan siswa- siswi sekitar 150 orang.

Dalam kesempatanya Aipda Sukaryadi menyampaikan pengertian dan tugas pokok PKS. Dijelaskan, bahwa tugas PKS adalah mengatur lalu lintas di lingkungan sekolah dan lingkungan sekitar sekolah, terutama pada saat menyeberangkan siswa-siswi yang akan menuju ke sekolah maupun yang akan meninggalkan sekolah.

Walaupun PKS bertugas untuk teman-teman sesekolahnya, dibenarkan juga kalau mereka melaksanakan tugasnya terhadap pemakai jalan lain, seperti menyeberangkan siswa-siswi dari sekolah lain, orang lanjut usia atau siapa saja yang berada di tempat itu yang memerlukan pertolongan. Bahkan anggota PKS pun bisa membantu tugas para Polisi yang ada di jalan.

Dengan penyuluhan PKS ini diharapkan kepada para pelajar tertanam disiplin sejak dini, dengan cara berperan aktif dalam menjaga ketertiban dan keamanan di lingkungan sekolah.

Selain itu, bagi pelajar yang terpilih sebagai anggota PKS, dapat menjadi pelopor dalam berlalulintas serta mampu menjadi mitra yang mendukung tugas Kepolisian, khususnya dalam melaksanakan kegiatan Patroli Keamanan Sekolah di lingkungan sekolah mereka.

Selanjutnya pada kesempatanya, Iptu Sugiono menyampaikan materi tentang efek bahaya Narkoba. Harapannya agar para pelajar akan mengerti dampak buruk dari penyalahgunaan Narkoba.Untuk cara penyampaian materi dengan menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti oleh para siswa.

Kegiatan ditutup dengan dengan kuis tanya jawab. ”Kepuasan kami ketika anak – anak mengerti dan memahami apa yang kami sampaikan tentang bahaya Narkoba,” kata Iptu Sugiono. (Sihumas Polsek Bambanglipuro)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:34

0 komentar:

CB