Taubat Dari Utang Riba Dan Solusinya

Posted by Humas Polresbantuldiy on 07:47

Telah berlangsung kegiatan Kajian Bedah Buku "Taubat Dari Utang Riba dan Solusinya" di Masjid Agung Manunggal Bantul jl. Jendral Sudirman no.1 Bantul, Minggu  25 Februari 2018 pukul 09.30 wib.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Panitia Pelatihan Fiqih Muamalah( PPFM ) Bantul dihadiri oleh bapak Yojana Hindrata selaku Moderator, Ustadz Muhammad Abdul Tuasikal M.Sc. Pengasuh Rumasysho.com dan Pondok pesantren Darus Sholihin Gunung Kidul serta ratusan peserta.

Kajian dari Ustadz Muhammad Abdul Tuasikal M.Sc. Pengertian  Riba adalah penetapan bunga atau melebihkan jumlah pinjaman saat pengembalian berdasarkan persentase tertentu dari jumlah pinjaman pokok yang dibebankan kepada peminjam.

Riba secara bahasa bermakna ziyadah (tambahan). Riba dalam agama Islam sangat tidak diperbolehkan. Memungut riba atau mendapatkan keuntungan berupa riba pinjaman adalah haram. Ini dipertegas dalam Alquran Surah Al-Baqarah ayat 275 : "padahal Allah telah menghalalkan jual-beli dan mengharamkan riba".

Istilah Riba adalah tambahan dalam sesuatu yang khusus. Riba dalam islam sangat Bahaya. Berikut  bahaya bahaya Riba:

1.Semua orang yang datang dengan transaksi itu terkena laknat Allah SWT (jauh dari rahmat Allah ).Seperti yang makan uang riba, yang menyetor uang riba, yang mencatat atau sekertaris, yang mendukung dan 2 orang saksi.
2.Pada hari kiamat orang yang memakan riba akan diancam dengan perutnya besar seperti sebesar rumahnya yang  diisi banyak ular ular.
3.Dosa riba itu lebih parah dari pada selingkuh sebanyak  33  kali.

Oleh karena itu marilah kita sama sama menjauhi riba agar kita tidak terjerumus di dalamnya. Disini Kami akan memberikan Solusi keluar agar tidak terjerat utang riba:
1. Perbaiki takwa dan tawakal
2. Bertaubat dari utang riba dan berbanyak Istifar.
3. Lebih giat lagi bekerja.
4. Menjaga sifat amanah.
5. Memijam uang dari orang lain yang bukan riba untuk melunasi utang.
6. Menjalin silahturohmi
7. Memperbanyak sodako.
8. Memperbanyak doa.
9. Stop tidak berutang lagi.

Acara dilanjutkan dengan  sesi tanya jawab. Selama kegiatan berlansung situasi aman terib dengan pengamanan dari personil Polsek Bantul. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 07:47

0 komentar:

CB