Bripka Gangsal Wirajati, si 'Broker Sedekah' Pencetus Program Peduli Difabel, Serahkan 5 Kursi Roda

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:40

Jiwanya terpanggil  ketika persoalan kemanusiaan membutuhkan uluran tangan. Sebagai anggota Bhabinkamtibmas Polsek Dlingo yang tugas di Desa Terong. Bripka Gangsal Wirajati selalu berusaha agar sikap peduli  kepada sesama  terus terjaga. Dalam menjalankan kegiatan sosial 'program peduli difabel', lelaki 37 tahun ini tidak sendiri. Ia menggandeng sejumlah pihak, termasuk dari Info Cegatan Jogja (ICJ) dan donatur.

"Saya bukan anggota Babhinkamtibmas kaya yang bisa memberikan uang dan bantuan kepada orang lain, saya hanya broker sedekah yang memprovokasi orang untuk bersedekah membantu," ujarnya sela menyerahkan lima unit kursi roda kepada warga Terong Kecamatan Dlingo Bantul, Senin (19/3). Dalam penyerahan kursi roda itu dilakukan Dewi Novita sebagai wakil donator dan perwakilan dari Info Cegatan Jogja (ICJ) Arif yang diterima Lurah Desa Terong Dlingo Welasiman.

Gangsal mengungkapkan, 'program peduli difabel' sudah berjalan dua tahun lalu.  Ide tersebut muncul setelah Gangsal melihat banyaknya persoalan kemanusiaan khususnya difabel disekelilingnya. Oleh karena itu, meski tugasnya di Desa Terong lelaki bersahaja itu menyalurkan kursi roda meluas sampai wilayah DIY. "Kondisi memperihatinkan sering dialami oleh masyarakat disekitar kita, itu yang membuat jiwa saya terpanggil untuk berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain, " jelasnya. 

Gangsal mengatakan,  dalam menjalankan  programnya itu sebagai  Babhinkamtibmas  juga bermitra dengan ICJ. Selain itu pihaknya juga menggandeng  relasi dengan para donatur yang ingin berbagi. "Saya hanya broker sedekah, menyalurkan kemudian memberikan informasi lewat rekan ICJ dan donatur ," jelasnya.

Bahkan tim ICJ rutin melakukan pemantauan langusung kepada warga yang mendapat pinjaman kursi roda.  "Mereka dari ICJ lebih paham lokasi. Sehingga mereka memantau kondisi kursi roda apakah masih layak atau ada kerusakan, jika rusak langsung diperbaiki dan diganti baru ketika tidak bisa dipakai," ujar lelaki kelahiran 14 Juli 1981 itu.

Sementara Dewi Novita salah satu koordinator donatur  mengatakan, pihaknya hanya menjembatani para dermawan untuk membantu orang yang membutuhkan. Sehingga pihaknya selalu koordinasi dengan ICJ dalam melakukan distribusi kursi roda. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:40

0 komentar:

CB