Cemari Lingnkungan, Warga Tuntut Kandang Ayam Potong Di Kuden Ditutup

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:52

Anggota Polsek Bantul mengamankan unjuk rasa di halaman Kantor Bupati Bantul, 28/02/2018 pukul 09.00 Wib. Massa yang berunjuk rasa yaitu warga Kuden Piyungan Bantul. Mereka memprotes keberadaan kandang ayam Potong di Kuden Piyungan Bantul yang mencemari  lingkungan setempat.

Massa mendesak pemerintah daerah segera menutup kandang ayam tersebut. Kandang ayam yang berjumlah belasan itu hingga kini masih berdiri tanpa memperhatikan keluhan warga.

Salah satu warga yang ikut demo mengatakan, kandang tersebut sudah beroperasi sejak belasan tahun lalu.  Sedang letak bangunan kandang ayam sangat berdekatan dengan pemukiman warga.

Lebih parah lagi setelah kandang itu ada, ribuan lalat berkeliaran hingga kampung Kuden. "Warga sangat terganggu dengan adanya ribuan lalat itu," ujarnya.

Sudah lama masyarakat sangat terganggu lantaran bau dan lalat masuk ke rumah-rumah warga tanpa bisa dicegah. Dengan kondisi seperti itu warga dengan tegas minta agar kandang secepatnya ditutup.

Sementara Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bantul memastikan kandang ayam tersebut tanpa dilengkapi izin. Menurut warga, sebelumnya kandang ayam pernah ditutup namun sekarang buka lagi.

Pemilik kandang seolah tidak peduli dengan kondisi lingkungan kandang ayam yang tidak lain permukiman warga. Ketua RT 02 Kuden Umu Kalsum mengatakan, jika  sebelumnya, warga sudah beberapa kali melakukan aksi serupa.

Bahkan Pemkab Bantul lewat Satpol PP pernah mentertibkan lokasi. Pemilik kandang juga diadili di PN Bantul Juni 2017 dan dijatuhi sanksi untuk menutup operasi kandang ayam tersebut. (Sihumas Polsek Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:52

0 komentar:

CB