Gladi Lapangan Pengurangan Resiko Bencana Gempa Bumi Dan Banjir Di Desa Panjangrejo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:03

Bertempat di komplek kantor desa Panjangrejo Pundong Bantul telah dilaksanakan gladi lapangan pengurangan resiko bencana gempa bumi dan banjir dalam rangka melaksanakan program desa tangguh bencana (Destana) bersama BPBD D.I Yogyakarta, Jumat 16-03-2018 jam 08.00 wib.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Pelaksana BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantana MS.i, Nanang Widianto SE ketua pelaksana bidang pencegahan BPBD Kab.Bantul, AKP Ngadi SH MH Kapolsek Pundong, Inf Tujiyo Danramil Pundong,  Daru Kisworo Lurah Desa Panjangrejo dan ratusan warga Desa Panjangrejo.

Dalam sambutanya ketua pelaksana bidang pencegahan BPBD Kab.Bantul bapak Nanang Widianto SE menyampaikan jumlah Destana tahun 2018 bertambah 1 yaitu menjadi 18 yang merupakan index kinerja pemda Kab.Bantul.

Kedepannya Destana agar dapat mendapatkan dukungan dari pemerintah desa sehinggga dapat berkembang dapat melayani warga masyarakat yang terkena bencana dan terbentuk desa tanggap bencana yang tangguh.

Sambutan Kepala Pelaksana BPBD DIY Drs. Biwara Yuswantana MS.i menyampaikan hari ini merupakan sebuah proses dalam mengurangi korban jiwa karena bencana alam dan kita harus siap siaga.

Gladi bersih ini merupakan langkah awal untuk mewujudkan desa yang tangguh bencana dan kita harus bersinergi dengan semua instansi yang ada untuk mengatasi korban jiwa, harta benda jika terjadi bencan alam.

Sedangkan tujuan kegiatan tersebut agar desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi potensi ancaman bencana. Desa ini juga mampu memulihkan diri dengan segera dari dampak-dampak bencana. Desa disebut mempunyai ketanguhan terhadap bencana ketika desa tersebut memiliki kemampuan untuk mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisasikan sumber daya masyarakatnya untuk mengurangi kerentanan sekaligus meningkatkan kapasitas demi mengurangi risiko bencana.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan pengukuhan Forum Pengurangan Resiko Bencana ( PRB ) Ds. Panjangrejo oleh Ketua Palaksana BPBD Prop DI yogyakarta Drs.Biwara Yuswantara MS.i

Acara berakhir pukul 13.00 wib berjalan dengan aman dan lancar. (Sihumas Polsek Pundong)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:03

0 komentar:

CB