Pengajian Bersama Muspika Sanden Dan Dinas Instansi

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:40

Bertempat di Ruang Rapat Balaidesa Murtigading, Sanden, Bantul dilaksanakan Pengajian Rutin Selasa Kliwon bersama Muspika dan Dinas Instansi se-Kecamatan Sanden, Selasa (06/03/2018) jam 07.30 WIB.

Pengajian ini dihadiri Camat Sanden Slamet Santoso, SIP, KBO Sat Polair Polres Bantul Iptu Gandung, Kasihumas Polsek Sanden Aiptu Mohtar bersama Brigadir Eko Marwanto, S.Psi, Kepala KUA Sanden, Lurah dan Pamong Desa se-Sanden, pegawai dan karyawan dinas instansi serta tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Acara di awali dengan bacaan surat Yasiin secara bersama dan dilanjutkan pengajian yang disampaikan oleh Mustafied Amna, S.Ag dengan mengambil tema cara Al-Qur’an mendefinisikan manusia.

Mustafied Amna, S.Ag mengatakan, dalam hal ini, Al-Qur’an menggunakan rasm dengan menggambarkan sifat-sifat “manusia”. Salah satunya dengan memakai istilah berbeda untuk menyebut mereka, yaitu basy`r, ins, insan, naas, dan anam.
Masing-masing istilah ini menunjuk kepada kualitas dan entitas tertentu dalam diri mereka.

Suatu contoh manusia disebut  dengan basy'r karena kulit mereka lebih banyak terlihat di permukaan tubuhnya dibanding rambut. Berbeda dengan hewan yang umumnya lebih banyak ditutupi bulu, rambut, saling membantu, akrab, dan ramah. Manusia sebagai ins adalah “makhluk sosial” yang cenderung tinggal di keramaian, membentuk keluarga dan kelompok, bekerjasama.

Pada intinya bahwa manusia adalah makhluk yang secara fisik berbeda tampilannya dengan hewan pada umumnya, dan ia bisa berbicara atau mengeluarkan suara dari dalam dirinya sendiri. Sedangkan menurut fitrahnya, manusia digambarkan cenderung bersifat ramah, akrab, saling menolong, dinamis, terus bergerak, dan selalu memperbaiki diri, yang mana kualitas-kualitas inilah yang memungkinkan mereka untuk dibekali ilmu, bayan, akal, dan tamyiz yang membuat mereka cakap mengemban kekhilafahan,taklif, dan amanah-amanah lainnya di muka bumi, jelas Mustafied Amna, S.Ag.

Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan pelepasan mantan Kepala KUA Sanden yaitu  Mustafied Amna, S.Ag yang pindah tugas sebagai Kepala KUA Kretek dan perkenalan Kepala KUA Sanden yang baru Bpk. Abdul Aziz, S.Ag.

Camat Sanden Slamet Santoso, SIP mewakili keluarga besar Muspika Sanden dan Dinas Instansi mengucapkan banyak terimakasih  atas kerjasama, karya dan pengabdian dari Mustafied Amna, S.Ag selama bertugas di Sanden. Semoga pemikiran, pelayanan dan tenaga yang telah diberikan dicatat sebagai amal ibada dan mendapat balasan pahala dari Allah Swt, ujar Camat Sanden. (Sihumas Polsek Sanden)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:40

0 komentar:

CB