Pengamanan Acara Peringatan 4 Abad Dusun Jejeran Di Depan Komplek Makam Kyai Jejer

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:12

Acara Peringatan 4 Abad Dusun Jejeran, Haul Kyai Jejer, Kyai Kriyo dan Garwo Dalem HB III dilangsungkan di depan Komplek Makam Kyai Jejer dusun Jejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul pada Kamis (29/3/2018).

Acara tersebut dihadiri oleh Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed, Muspika Kecamatan Pleret, Kapolsek Pleret yang diwakili Kasihumas Aiptu Sawaldi, Bhabinkamtibmas Desa Wonokromo Bripka Gunawan, HM. DJawis Masruri, tokoh agama dan Tokoh masyarakat serta warga masyarakat dusun Jejeran.

Dalam sambutannya HM. Djawis Masruri selaku Ketua Majlis Rembug Dusun Jejeran menyampaikan hal-hal yang melatari peringatan empat Abad ini. Rangkaian kegiatan akan berlangsung selama tiga hari, antara lain Ziarah Maqbaroh, semaan Al-Quran dilanjutkan pengajian akbar. Dengan peringatan ini masyarakat dusun Jejeran bertekad menjadikan Jejeran sebagai tujuan wisata religi.

Nama dusun Jejeran sendiri diambil dari seorang tokoh, yaitu Kyai Jejer yang membabat hutan di wilayah ini, kemudian menjadikannya wilayah pemukiman (pedukuhan) dan namanya diabadikan sebagai nama dusun.

Kyai Jejer adalah ayah mertua dari raja besar Mataram, Sultan Agung Hanyakrakusuma. Kyai Jejer juga merupakan tokoh yang mengajarkan tentang Islam, dan ajarannya masih diikuti masyarakat Jejeran sampai sekarang.

Sementara itu Wakil Kepala Dinas Kebudayaan DIY Singgih Raharjo, SH, M.Ed membacakan sambutan Ngarso Dalem HB X bahwa peringatan ini merupakan perwujudan nilai-nilai kearifan lokal yang menjadi ciri-ciri suatu bangsa. Peringatan ini dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat.

Diharapkan dari rangkaian kegiatan ini sekiranya mampu dan mempunyai nilai yang sangat penting bagi kita semua dan kemajuan agama untuk generasi penerus.

Selama kegiatan berlangsung personil Polsek Pleret melaksanakan pengamanan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:12

0 komentar:

CB