Pengamanan Giat Menyambut Tahun Baru Saka 1940 Di Banguntapan

Posted by Humas Polresbantuldiy on 10:00

Personil Polsek Banguntapan dibantu Koramil dan Linmas dipimpin oleh Kapolsek Bangntapan mengamankan arak-arakan ogoh-ogoh dalam rangka menyambut tahun baru saka 1940 dan hari Nyepi di Pura Jagatnatha Banguntopo Banguntapan Bantul. Jumat, 16 Maret 2018 mulai pukul 18.30 wib.

Pengamanan dilaksanakan di lokasi maupun di sepanjang jalan yang akan dilalui arak arakan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan diawali dengan mengarak gunungan sebagai simbol kemakmuran, disambung ogoh-ogoh sebanyak 7 ogoh-ogoh dengan rincian 3 ogoh ogoh anak-anak dan 4 ogoh-ogoh besar lalu di arak mengelilingi pedukuhan Sorowajan. Dengan maksud untuk menyerap uara negatif yang ada seputar wilayah Sorowajan. Setelah diarak kemudian ogoh ogoh dihancurkan sebagai simbol pemusnahan angkara murka.

Ogoh-ogoh adalah karya seni patung dalam kebudayaan dalam kebudayaan bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala. Dalam ajaran Hindu Dharma, Bhuta Kala merepresentasikan kekuatan (Bhu) alam semesta dan waktu (Kala) yang tak terukur dan tak terbantahkan. Dalam perwujudan patung yang dimaksud, Bhuta Kala digambarkan sebagai sosok yang besar dan menakutkan; biasanya dalam wujud Rakshasa. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 10:00

0 komentar:

CB