Pengamanan Kirab Jodhang Dalam Rangka Merti Dusun Mantup

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:33

Personil Polsek Banguntapan mengamankan Kirab Jodhang dalam rangka merti dusun di Mantup, Baturetno Banguntapan Bantul, Sabtu, 17 Maret 2018 pukul 14.00 Wib.

Kegiatan dihadiri oleh Drs Suharsono selaku Bupati Bantul, Drs. Fathoni Camat Banguntapan, Kompol Suhadi, SH., MH Kapolsek Banguntapan, Kapten Armed Haryono Danramil Banguntapan, Sarjaka Lurah Desa Baturetno beserta Pamong Desa Baturetno. Dan Sebagai penanggung jawab kegiatan Dukuh Mantup Novi Sugeng Widodo.

Pengamanan ini bertujuan untuk menciptakan ketertiban dan kelancaran serta keamanan selama berlangsungnya giat kirab merti dusun.

Dukuh mantup menjelaskan merti dusun sering juga disebut bersih dusun, hakikatnya adalah simbol rasa syukur masyarakat kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan karunia yang diberikan Tuhan YME, karunia tersebut bisa apa saja seperti Melimpahnya rejeki, keselamatan serta ketentraman dan keselarasan hidup. Merti dusun dilakukan pada bulan tertentu dalam kalender jawa.

Sementara itu untuk, dalam kirab tersebut, pasukan bergodo paling depan membawa gunungan yang berisi hasil bumi sayur-sayuran dan buah-buahan yang diiringi drumben, pasukan ala kraton Mataram berpakaian jawa berjalan kaki kuranglebih 300 orang.

Kirab melibatkan peran serta 17 Rt yang ada pada pedukuhan Mantup dengan rute kirab yaitu Jln Wonosari km 7 - Sop Pak MIN - masuk gang-gang Dsn. Mantup - Gedung serba guna Mantup. Bahwa lomba jodang tersebut dalam rangka Merti dusun, untuk malam harinya dilanjutkan pagelaran wayang kulit.

Sambutan Sarjaka Lurah Desa Baturetno, menyampaikan bahwa selaku pemerintah Desa Baturetno mengucapkan trimakasih atas terlaksananya kegiatan kirab dalam rangka merti dusun, kegiatan ini sebagai wujud kekompakan dan kebersamaan serta ajang silaturahmi dalam rangka untuk memajukan Desa Baturetno.

Sambutan Drs Suharsono Bupati Bantul, menyampaikan Saya sangat bangga karena Pedukuhan mantup sangat menjunjung tinggi nilai adat istiadat jawa sehingga akan mewujudkan persatuan dan kesetauan bangsa. Kegiatan merti dusun di mantup sangat meriah. Acara ini bisa memberikan suntikan lebih baik untuk mencintai budaya bangsa Indonesia. Saya mengajak masyarakat bergandeng tangan untuk memajukan Desa Baturetno, mulai membangun bersama mulai dari tingkat desa maupun pedukuhan. Mari bersama-sama mewujudkan Bantul yang aman dan sejahtera.

Kegiatan diikuti oleh warga padukuhan mantup kurang lebih 2000 orang, berakhir pukul 16.00 WIB berlangsung aman terkendali dengan pengamanan oleh Polri dibantu TNI dan Linmas. (Humas Polsek Banguntapan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:33

0 komentar:

CB