Bedah Buku Berjudul Rancang Bangun Bisnis Dan Pengelolaan BUM Desa Di Pendopo Balai Desa Wonolelo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:40

Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menggelar acara Bedah Buku bersama penulis Sukasmanto dengan judul bukunya "Rancang Bangun Bisnis dan Pengelolaan BUM Desa".

Acara ini digelar di Pendopo Balai Desa Wonolelo, Rabu (18/4/2018), dan dihadiri oleh Muspika Pleret, Kanit Binmas Polsek Pleret Iptu Sukardi, Bhabinkamtibmas Desa Wonolelo Aiptu Supomo, Lurah Desa Wonolelo Pujiastuti Sugiyanta, perwakilan Lembaga Pendidikan, Kader Kesehatan, LPMD, FPRB dan Karang Taruna serta perwakilan lembaga desa lainnya.

Hadir pula sebagai pembedah Sekretaris Komisi D DPRD DIY Drs. H. Suwardi, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs. Mahmudi, M.Si dan Wahyudi Anggoro Hadi, S.Farm, APT (Lurah Desa Panggungharjo, Sewon) yang telah sukses mengelola BUMDes di wilayahnya.

Acara ini sebagai cara untuk meningkatkan minat baca buku dan menambah wawasan tentang pengelolaan BUMDes oleh masyarakat Wonolelo. BPAD DIY sendiri sudah melakukan bedah buku rata-rata seminggu sekai di seluruh wilayah DIY.

Lurah Desa Wonolelo Pujiastuti Sugiyanta dalam sambutannya berharap dengan acara yang digelar BPAD DIY ini mampu memberikan semangat dalam penka gelolaan BUMDes di Desa Wonolelo.

"Semoga dengan adanya kegaitan ini, BUMDes di Desa Wonolelo akan semakin maju dan predikat sebagai desa tertinggal akan terhapus", imbuhnya.

Sukasmanto sebagai narasumber sekaligus penulis buku tersebut menyampaikan tentang isi bukunya, yaitu menerangkan mengenai definisi BUMDes dan juga bagaiaman cara alur untuk membentuk sebuah BUMDes mulai dari awal perencanaan hingga pengelolaanya.

Dalam pesannya ia mengatakan jangan pernah memikirkan bagaiaman cara melaksanakan dan biaya untuk mengembangkan usahanya, tetapi amankan ide yang sudah ada dalam benak kita.

Kemudian acara bedah buku ini dilanjutkan dengan diskusi yang dimoderatori oleh Muhyidin, S.TP. Mengawali sesi ini, Ia memberikan sedikit gambaran tentang sumber daya yang ada di Wonolelo. Selain itu ia juga menyampaikan tentang aktifitas yang sudah dilaksanakan oleh masyarakat Wonolelo untuk membentuk sebuah usaha demi kemaslahatan masyarakat.

Selanjutnya acara Bedah Buku ini diakhiri dengan dialog bersama pembedah yang telah diundang. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:40

0 komentar:

CB