Bhabinkamtibmas Sendangsari Hadiri Sosialisasi Peningkatan Keterampilan & Kualitas Penanggulangan Bencana Alam

Posted by Humas Polresbantuldiy on 08:54

Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana menghadiri sosialisasi Peningkatan Keterampilan dan Kualitas Penanggulangan Bencana Alam Tahun 2018 di Desa Sendangsari Pajangan Bantul, Senin (2/4/2018) pagi.

Sosialisasi diselenggarakan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bantul.

Hadir pula dalam acara ini DPRD Kab. Bantul Komisi A H. Sapta Sarosa, S. Psi, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bantul Drs. Dwi Daryanto M.Si, Carik Desa Sendangsari Zuchri Saren Satrio, S.Sos, Kasi Kedaruratan Dan Logistik BPBD Kab. Bantul Suharno, , Babinsa Koramil 18/Pajangan Serda Agus Endarso, Arif Jatmiko, Ketua Karang Taruna Seta Jalanidhi Timur Desa Sendangsari Mujib Azzuhri.

DPRD Kab. Bantul Komisi A H. Sapta Sarosa, S. Psi menyampaikan materi dukungan DPRD Kab. Bantul terhadap penanggulangan bencana alam. DPRD Kab. Bantul telah mengajukan anggaran bencana dan masih kecil realisasinya. BPBD Kab. Bantul masih tipe B dan kita mengusahakan tipe A untuk memudahkan koordinasi dalam menghadapi bencana. Kita perlu sadar akan pentingnya penanggulangan bencan, kesadaran dimulai dari pribadi. Membuang sampah sembarangan bisa membuat bencana. Wujudkan kesadarab dan ketangguhan bencana perlu digalakkan di masyarakat. Ditiap pedukuhan agar terdapat kelompok sadar dan tanggap bencana agar dalam menghadapi bencana sudah siap penanggulangannya, ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Kab. Bantul Drs. Dwi Daryanto M.Si dalam penyampaian materi mengatakan Bencana alam menjadi tanggung jawab kita bersama tidak hanya Pemerintah saja. Bencana bisa diantisipasi terkecuali gempa bumi, sampai saat ini belum ada alat yang bisa memprediksi kejadian gempa. Bantuan untuk kegiatan pelatihan ini.

Kita akan memberikan Bantuan Senso dan Aphar untuk Desa Sendangsari dalam penanggulangan bencana agar nantinya bisa bermanfaat untuk masyarakat.

Faktor fisik sosial ekonomi dan lingkungan berpotensi terhadap penanggulangan bencana alam.
sosialisasi ini untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas kita dalam penanggulangan bencana. FPRB Desa Sendangsari agar dihidupkan terus agar masyarakat nantinya mandiri dan paham akan ancaman bencana dan bagaimana penanggulangannya. Kita siap diundang untuk membantu penyuluhan, ujarnya.

Kegiatan ini diikuti ±  50 orang warga masyarakat Sendangsari dari unsur PKK, Linmas, Pamong, FKPM, Karang Taruna Seta Jalanidhi Timur Desa Sendangsari. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat menularkan dengan masyarakat lainnya sehingga pengurangan resiko bencana alam bisa terlaksana. Kegiatan berlangsung 2 hari dan berakhir esok, Selasa (3/4/2018 ) dengan teori dan praktek pemadaman kebakaran. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 08:54

0 komentar:

CB