Desa Sendangsari Ikuti Lomba LPMD

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:00

Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan  menjadi wakil Kecamatan Pajangan dalam lomba Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) berprestasi Kabupaten  Bantul tahun 2018 yang diselenggarakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPPKBPMD) Kabupaten Bantul, Evaluasi dilakukan di Balai Desa Sendangsari, Selasa (10/4/2018).

Hadir dalam acara ini Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta, Kabag Pemerintah Desa (Pemdes) Kabupaten Bantul Jazim Azis, S.H., Kapolsek Pajangan AKP Sri Basariah, S.A.P., Danramil 18/Pajangan Kapten Inf. Purwanto, Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST, Ketua LPMD Desa Sendangsari Bpk. Dalijo dan tamu undangan.

Anggota Tim Juri dalam acara ini terdiri sr Eri Murniasih Kasi pengembangan Kelembagaan PMD, Suharyono Kasubdit PMD,  Andreas Dodi Eva Nugroho Bapeda Bantul, Suharsono Hadisuwanto dari Bag Pemdes, Purwono LPM, Sumardi LPM, RH. Nurani Atmojo LPM, Slamet Nursanto Tenaga Ahli Perencanaan Partisipatif P3MD, Antonia Endang Widyastuti DPPKBPMD, Dengoris Indriani Ratih DPPKBPMD dan Bayu Surga Adi DPPKBPMD.

Camat Pajangan Drs. Sambudi Riyanta dalam menyambut Kedatangan Tim Juri mengatakan, suguhan kesenian dari anak-anak Yayasan Bina Siwi kaum difabel perlu perhatian dari kita semua, anak-anak disini tidak berasal dari Bantul saja namun juga dari luar Bantul. Ini merupakan binaan dari LPMD Desa Sendangsari. LPMD Desa Sendangsari sudah mempersiapkan kegiatan ini bersama swadaya masyarakat dan Lurah Desa Sendangsari yang setiap saat dimintai usulan. Program prioritas dari LPMD ini untuk mengentaskan kemiskinan, meningkatkan kesejahteraan ekonomi untuk itu perlu masukan dan pembinaan dari Tim Juri. Pasca kegiatan ini semoga LPMD Sendangsari bisa berkiprah dalam pengembangan organisasinya dan berkiprah untuk mensejahterakan masyarakat Sendangsari, katanya.

Kabag Pemdes Kabupaten Bantul Jazim Azis, S.H. sebagai Ketua Tim Juri mengatakan maksud dan tujuan ke Desa Sendangsari untuk silaturahmi dan mengevaluasi apa yang sudah dilaksanakan LPMD Desa Sendangsari. Kami mengacu pada program-program LPMD dan realisasinya kita akan kroscek dengan apa yang sudah dipaparkan kemarin. Lomba ini jangan dinilai dari segi materi dan prestasi semata, namun dinilai dari pengalaman yang luar biasa yang akan kita dapat. Evaluasi ini memberikan pembelajaran, pendampingan, pembinaan kepada LPMD supaya nantinya LPMD ini bisa berjalan sesuai aturan yang ada, program kerja, termasuk administrasinya. Kita berharap LPMD ini memberikan sumbangsih yang besar terhadap masyarakat Sendangsari. LPMD sebagai bagian dari kemasyarakatan Desa harus bisa meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat. Motto kegiatan ini "membangun bersama dan membangun kebersamaan", membangun kebersamaan ini dalam kekurangan,  kebhinekaan, perbedaan dan lainnya. Membangun bersama tentu membangun fisiknya juga membangun gotong royongnya, ujarnya.

Hiburan dalam acara ini berupa kesenian Gendhing dan angklung dari yayasan
Bina Siwi. Tim selanjutnya menilai LPMD Desa Sendangsari, menuju dan Kamijoro untuk mengecek kerajinan bambu dan terakhir di Dusun Krebet sebagai sampel pokgiat LPMD Desa Sendangsari. Kesenian karawitan Kembang Pulosari dari Ibu-ibu PKK Dusun Krebet ditampilkan sebagai wujud pemberdayaan masyarakat Desa Sendangsari.

Di Dusun Krebet Tim Juri dilepas oleh Lurah Sendangsari Muhammad Irwan Susanto, ST. "Hasil evaluasi ini akan kita jadikan pembenahan Pokgiat LPMD untuk meningkatkan kinerjanya dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai lembaga Desa untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Sendangsari", katanya.

Kegiatan mendapat pengamanan dari Polsek Pajangan, Koramil 18/Pajangan, Linmas dan FKPM Desa Sendangsari. Acara evaluasi berakhir dalam keadaan aman kondusif, Tim Juri melanjutkan evaluasinya menuju Kecamatan Kasihan di Desa Tirtonirmolo. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:00

0 komentar:

CB