Kapolsek Pleret Menghadiri Dialog Pemeliharaan Dan Pengembangan WBTB DIY

Posted by Humas Polresbantuldiy on 11:28

Kapolsek Pleret AKP Sumanto, SH bersama unsur Muspika Pleret menghadiri acara Dialog Pemeliharaan dan Pengembangan Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) DIY yang digelar di Pendopo Balai Desa Pleret, Rabu (18/4/2018) pukul 20.00 WIB.

Hadir pula Dian Laksmi Pratiwi, SS., MA (Kepala Bidang Warisan dan Nilai Budaya), M. Panji Kusuma, SS ( Budayawan), Pengelola Taman Glugut Wonokromo, Pengelola Kawasan Wisata Bayu Kencono Pleret serta tamu undangan lainnya.

Pada kesempatan itu Sekcam Pleret Slamet Pamuji, S.Pd, M.Pd mewakili Camat Pleret dalam sambutannya mengatakan bahwa kita sebagai bangsa mempunyai sebuah peninggalan yaitu budaya, oleh karena itu kita sangat berterima kasih kepada Dinas Kebudayaan DIY dan Bantul yang telah berperan aktif dalam pemeliharaan peninggalan situs budaya di Pleret.

Diharapkan acara ini dapat memberikan masukan maupun motivasi kepada masyarakat Pleret agar lebih bisa melestarikan dan menghargai warisan budaya yang ada di wilayah Pleret ini, sehingga dapat menjadi warisan bagi anak cucu kita kelak.

Sementara itu Dian Laksmi yakni Kepala Bidang Warisan dan Nilai Budaya menyampaikan bahwa acara ini sudah dirancang lama, karena Pleret merupakan wilayah yang spesial sebagai salah satu daerah yang mempunyai warisan budaya yang sangat banyak.

Warisan Budaya Tak Benda, lanjut dia, merupakan seluruh hasil perbuatan dan pemikiran yang berwujud dalam identitas ideologi mitologi, ungkapan-ungkapan konkrit dalam bentuk suara, sistem perilaku, kepercayaan dan adat istiadat yang ada di Indonesia. Sebagai contoh tradisi dan ekspresi lisan, seni pertunjukan, adat istiadat, situs, perayaan dan perilaku mengenai alam semesta, keterampilan dan kemahiran kerajinan tradisional

Acara ini dapat memberikan sosialisasi dan ruang pembelajaran kepada masyarakat tentang WBTB DIY serta menyiapkan kegiatan aksi kepada masyarakat untuk mengapresiasi WBTB DIY.

Sehingga diharapkan dapat mengedukasi memperkuat ketertiban masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan melalui WBTB DIY. Mampu menjelaskan tentang sejarah dan situs-situs di Pleret serta menyampaikan kekayaan yang dimiliki Pleret pada masa Sultan Agung. (Humas Polsek Pleret)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 11:28

0 komentar:

CB