Pengamanan Gelar Budaya Dalam Rangka Rangkaian Midodareni Hajad Dalem Kraton Ngayojokarto Hadiningrat Di A Parangtritis

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:45

Iptu Paidi mewakili Kapolsek Kretek menghadiri gelar budaya dalam rangka rangkaian Midodareni Hajad Dalem Kraton Ngayojokarto Hadiningrat di Joglo Parangkusumo Desa Parangtritis Kretek Bantul. Minggu (15/4/2018) malam.

Kegiatan Gelar Budaya yang dipentaskan yaitu tari-tarian baik dari anak-anak TK Kuncup Melati Parangtritis dan SD 2 Parangtritis  serta pentas seni Wayang Kulit Semalam suntuk dengan dalang Ki Suwondo dalam lakon WERKUDORO KEMBAR.

Adapun kegiatan  Gelar Budaya dan pentas seni ini adalah  sebagai malam midodareni Hajad Dalem  Keraton Ngayojolarto Hadiningrat th 2018, yang  bertujuan sebagai ungkapan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa disamping melestarikan Budaya yang berlaku di Keraton Ngayojokarto Hadiningrat.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh perwakilan dari Keraton Yogyakarta Tumenggung Wironegoro, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul  Kwintarto H P S.Sos, Kepala dinas kebudayaan DIY diwakili oleh Drs Markus Suarisman, Camat Kretek Cahya Widada S.Sos,MH,Muspika Kecamatan Kretek, Lurah Desa Parangtritis diwakili oleh Carik Wursidi beserta ratusan undangan dan penonton.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul Kwintarto H.P S.Sos dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Panitia yang telah sudi untuk mengundang dalam acara ini semoga dengan rangkaian acara ini akan dapat lebih mengenalkan Obyek wisata ini lebih luas lagi baik lokal maupun luar Daerah.

Kawasan Parangtritis disamping wisata alam pantai juga sebagai tempat wisata ziarah, relegius juga memiliki wisata Gumuk pasir sehingga perlunya perawatan dan dijaga demi kelangsungan wisata di Parangtritis, jelasnya.

Sedangkan mewakili Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DIY Drs. Markus Suarisman berterimakasih kepada panitia telah mengundang Dinas Kebudayaan namun untuk saat ini Kepala dinas tidak bisa hadir karena suatu tugas yang tidak dapat diwakilkan sehingga memerintahkan kami untuk mewakili. Semoga dengan kegiatan ini bisa meningkatkan kebudayaan yang sampai saat ini masih tetap di uri uri.

Diakhir sambutannya penyerahan tali asih kepada kepala sekolah TK kuncup melati dan Guru SD 2 Parangtritis serta penyerahan tokoh wayang Werkudoro kepada Ki Dalang Suwondo pertanda dimulainya pagelaran wayang kulit semalam suntuk. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:45

0 komentar:

CB