Pengamanan Prosesi Labuhan Ageng Kraton Ngayojokarto Hadingingrat Di Parangkusumo

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:36

Kapolsek Kretek Kompol Leo Fasak beserta muspika mengikuti prosesi labuhan ageng di Pantai Parangkusumo, Padukuhan Mancingan, Desa Parangtritis dalam rangka jumenengan Ngarso Dalem Sri Sultan HB X, Kamis, 27 April 2017.

Kegiatan dihadiri oleh KRT Widyo Pamungkas SE minongko utusan Dalem ingkang sinuwun ngarso Dalem Sri Sultan Hamengkubawono ingkang jumeneng kaping sedoso, mewakili Bupati Bantul staf bidang SDM Purbo Wironegoro SH MM, Para Pungowo dan abdi Dalem Sri Sultan Hamengkubawono X, Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH dan jajaran, Kepala Instansi terkait se Kecamatan Kretek, Lurah dan pamong desa se Kecamatan Kretek,Kepala sekolah SD SMP dan SLTA se Kecamatan Kretek.

Adapun ubo rampe yang dilabuh terbagi menjadi dua bagian, yaitu Benda "Pokok dan Pengiring". Benda Pokok diperuntukkan kepada Kanjeng Ratu Kidul yang meliputi Sinjang, limar sinjang, Cangkring semekan (kain penutup dada), semekan solok, semekan gadung, udaraga jingga, bangun tulak  "wangkidan", kuluk kanigoro, wangkidan pethak, songsong gilap, gelaran pasir, kesasaban mori selo (kemenyan) dan konyoh (papam) serta arto (uang) tindih Rp 8,33.

Sedangkan benda "pengiring" diperuntukkan kepada Patih diluar Ratu Kidul dan Nyai Roro Kidul yang diantaranya Sinjang Poleng, sinjang tulung, watu semekan, Dringin semekan, Songger pandan binethot, Podang ngisep, sari semekan, gadung mlati, bangun tulak kemenyan, ratus dan param pethi dan madmsih banyak lagi benda yang dilabuh dengan harapan Kraton kawulo lan Negoro pada umumnya selamat dari mara bahaya.

Adapun rangkaian kegiatan labuhan dari Kraton Ngayojokarto diterima oleh Camat Kretek Cahya Widada S.Sos, MH beserta Muspika dipendopo Kecamatan Kretek.

Iring-iringan Ubo rampe sesampainya di makam Shech Bela Belu tepatnya TPR Trembis diarak dengan jakan kaki menuju  pendopo Parangkusumo.

Sebelum uborampe dilabuh dilaut Parangkusumo terlebih dahulu disemayamkan di cempuri pendopo Parangkusumo, Parangtritis.

Dalam labuhan tersebut dilakukan oleh tim SAR Parangtritis disaksikan ribuan pengunjung pantai. Setelah umbo rampe dilabuh diperebutkan oleh para pengunjung dengan tujuan ngalap berkah Ngerso Dalem, mereka berebut untuk memiliki barang yang dilabuh tersebut.

Demi keamanan dan kelancaran kegiatan labuhan, anggota Polsek Kretek melaksanakan pengamanan dan pengawalan hingga acara selesai dalam keadaan aman tertib. (Humas Polsek Kretek)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:36

0 komentar:

CB