Peresmian Pos Ronda Dusun Sambeng I RT 02 Poncosari

Posted by Humas Polresbantuldiy on 13:39

Kapolsek Srandakan Kompol Slamet meresmikan pos ronda Dusun Sambeng I RT 02 Desa Poncosari kecamatan Srandakan, Kamis, 26 April 2018 pukul 20.30 Wib.

Peresmian dihadiri oleh Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Bantul Ipda Rumpoko beserta anggotanya, Panit Binmas Polsek Srandakan Iptu Wahono, Lurah Poncosari Supriyanto. SE, S.Pt, Bhabinkamtibmas Poncosari Aiptu Dalija dan Bhabinkamtibmas Trimurti Brigadir Eko Rustamaji, Dukuh Sambeng I bapak Fitra Rusdianta dan warga sekitar.

Dalam sambutanya Panit Binmas Iptu Wahono menyampaikan tentang fungsi dan manfaat Pos Ronda. Selain itu juga dijelaskan pentingnya menggalakkan giat Siskamling.

Menurutnya Siskamling juga merupakan salah satu model Polmas (Polisi Masyarakat) dalam memberikan risribusi komunikasi serta informasi secara external (dari dan bagi masyarakat) dalam rangka menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat di setiap waktu dan merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berazaskan gotong royong, kerjasama, budaya paguyuban yang menjiwai dalam setiap kehidupan masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan rasa aman.

Siskamling juga merupakan bentuk-bentuk pam swakarsa, merupakan suatu kesatuan komponen yang saling bergantung dan berhubungan, saling mempengaruhi untuk mendapatkan hasil daya kemampuan untuk memenuhi kebutuhan rasa aman dan ketertiban masyarakat dalam upaya mendukung terwujudnya masyarakat madani yang adil, makmur dan beradap.

Selanjutnya acara dilanjutgnkan dengan Tahlil dan do'a dipimpin oleh kaum rois dusun. Sambeng bapak Panut. Dalam sambutanya Lurah Poncosari menyampaikan Pos ronda ini dibangun dengan dana swakarsa masyarakat dan dibangun di jalan yang biasanya sepi dan rawan. Oleh karena itu mohon doa restu dan dukungannya agar pos roda dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Kapolsek Srandakan dalam sambutanya menyampaikan bahwa mulai hari ini tanggal 26 April 2018 sampai 2 minggu kedepan, polri melaksanakan Operasi Patuh Progo 2018. Untuk itu warga diminta bila akan bepergian agar melengkapi surat surat kendaraanya terlebih dahulu dan mentaati tata tertib di jalan raya.

Selain itu diminta kepada warga agar tidak mengkonsumsi maupun memperjualbelikan miras karena sudah banyak korban miras oplosan. Dengan adanya pos ronda ini diharapkan warga menjadi semangat dalam melaksanakan ronda malam sehingga situasi kamtibmas dapat terjaga serta pos ronda dapat dimanfaatkan untuk kegiatan yang lain seperti pertemuan Rt dan lain lain.

Kanit Binkamsa Sat Binmas Polres Bantul dalam sambutanya menyampaikan giat ronda juga sebagai wadah silaturohmi warga sehingga dengan seringnya silaturohmi menjadikan warga menjadi kompak dan meminta kepada warga agar jangan main hakim sendiri, apabila menemukan pelaku kejahatan agar segera menyerahkan ke polisi untuk segera ditindak lanjuti.

Acara ditutup dengan peresmian Pos Ronda dan penyerahan bantuan perlengkapan pos ronda antara lain TV, kaos, lampu kedip, borgol, tongkat T, jam dinding dan panduan memukul kentongan. (Humas Polsek Srandakan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 13:39

0 komentar:

CB