Polres Bantul Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo Tahun 2018

Posted by Humas Polresbantuldiy on 09:07

Polri telah menetapkan kalender Operasi Patuh, yang  rutin  dilaksanakan  setiap menjelang  Hari  Raya  Idul  Fitri. Operasi Patuh Tahun 2018 ini akan dilaksanakan selama 14 hari, yang dimulai dari tanggal 26 April sampai dengan 9 Mei 2018, secara serentak di seluruh indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Bantul AKBP Sahat Marisi Hasibuan SIK MH saat membacakan amanat Kakorlantas Polri Drs Royke Lumowa MM dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo Tahun 2018 di halaman Mapolres Bantul, Kamis (26/4/2018).

Lebih lanjut dijelaskan, sasaran prioritas Operasi Patuh Tahun 2018 antara lain pengemudi menggunakan handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi sepeda motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi di bawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba/mabuk, serta pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan.

“Dengan penindakan sasaran pelanggaran lalu lintas tersebut di atas maka diharapkan Operasi Patuh tahun ini dapat menekan jumlah korban fatalitas dan meminimalisir kemacetan lalu   lintas  serta terwujudnya  Kamseltibcarlantas yang mantap,” jelasnya.

Hal ini selaras dengan amanat Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, yaitu untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (kamseltibcar lantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, membangun budaya tertib berlalu lintas, serta meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

“Keempat angka di atas, merupakan hal yang kompleks dan tidak bisa ditangani oleh polantas sendiri, melainkan sinergitas antar pemangku kepentingan menjadi sangat mendasar dalam menemukan akar masalah,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Kakorlantas Polri memerintahkan seluruh jajaran,  selama pelaksanaan operasi agar selalu memanjatkan doa kepada Tuhan YME sebelum melaksanakan tugas, utamakan faktor keamanan dan keselamatan dengan mempedomani standar operasional prosedur yang ada, hindari tindakan pungli dan lakukan tugas Operasi Patuh dengan baik tanpa menimbulkan komplain dari masyarakat.

“Akhirnya dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan Yang Esa, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas Operasi Kepolisian dengan sandi Operasi Patuh - 2018,” tandasnya.

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Progo Tahun 2018 dihadiri oleh sejumlah Forkompinda Kabupaten Bantul, para pejabat Polres Bantul, Kapolsek Jajaran dan diikuti oleh pasukan TNI-Polri, Satpol PP, Dishub dan PMI.

Dalam apel tersebut, Kapolres Bantul juga melakukan penyematan pita operasi kepada perwakilan pasukan sebagai tanda telah dimulainya Operasi Patuh Progo 2018. (Humas Polres Bantul)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 09:07

0 komentar:

CB