Sosialisasi Budaya Sadar Bencana Di Triwidadi

Posted by Humas Polresbantuldiy on 01:30

Kanit Sabhara Polsek Pajangan Iptu Sarjiman dan Bhabinkamtibmas Desa Sendangsari Aiptu Tetepana mengikuti sosialisasi "Budaya Sadar Bencana dalam rangka Peringatan Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB)" di Pendopo Desa Triwidadi Pajangan Bantul, Senin pagi (23/4/2018).

Hadir dalam acara ini DPRD Kab. Bantul H. Sapta Sarosa, BPBD Kab Bantul  Budianta, Kasi Kemas Kec. Pajangan Drs. Mursana, Kasi Trantib Kec. Pajangan Halumuan Marbun, S.H, Kasipem Desa Sendangsari Sugiman, S.Pd, Kasipem Desa Triwidadi Giyanta, S.Pd dan Babinsa Sertu Desa Triwidadi Agus Pamungkas. Sosialisasi juga diikuti oleh Perwakilan Lurah, Pamong, Dukuh, Linmas dan relawan. Acara diadakan oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Bantul.

DPRD Kab. Bantul Komisi A H. Sapta Sarosa, S. Psi sebagai nara sumber mengatakan, kegiatan ini semoga membawa manfaat untuk masyarakat khususnya di Pajangan dalam rangka siap siaga menghadapi bencana. Sosialisasi ini terkait dengan Perda. Nomor 22 tahun 2015 yang mengatur masalah penanggulangan kebencanaan di Kabupaten Bantul bisa teratasi dengan baik. Kami komisi A selalu mendukung kegiatan ini, kami berharap tanggap darurat dan kesiapsiagaan dilakukan oleh masyarakat, relawan dan Pemerintah.

Nara sumber dari BPBD Kabupaten Bantul Budianta menjelaskan, kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana yang tahun ini jatuh tanggal 26 April 2018 mendatang. Undang-Undang Nomor 24 tentang Penanggulangan Bencana  lahir tanggal 26 April 2007 sehingga setiap tanggal 26 April diperingati sebagai Hari Kesiapsiagaan Bencana.

Sudah direncanakan pengadaan damkar untuk 1 Kecamatan 1 kendaraan agar penanggulangan bencana kebakaran bisa teratasi dengan cepat, selain itu di tiap Desa sudah berikan senso untuk memotong pohon roboh yang mengganggu jalan. Forum Pengurangan Resiko Bencana (FPRB) dari seluruh elemen yang harus bersatu dan siap siaga  jika terjadi bencana. Budaya Sadar Bencana sangat penting karena wilayah Kecamatan Pajangan merupakan wilayah yang mempunyai potensi bencana alam setiap tahunnya seperti longsor dan angin, ujarnya.

Dengan sosialisasi ini masyarakat Pajangan diharapkan dapat sadar, waspada dan siaga akan bencana alam, sehingga kedepannya dapat terbentuk masyarakat tangguh bencana dan meminimalisir resiko bencana. (Humas Polsek Pajangan)


Tribrata News Bantul
Tribrata News BantulUpdated: 01:30

0 komentar:

CB